Asian Games 2018 Bakal Untungkan Pembuat Marchendise

Rabu, 30 Mei 2018

DEKANDIDAT.COM – Perhelatan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus – 2 September mendatang diharapkan bisa memberikan manfaat besar buat Indonesia, khususnya para pembuat marchendise.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC), Erick Thohir memastikan, penyelenggaraan event olah raga ini akan memberikan legacy dan membawa dampak positif besar bagi Indonesia, baik dari sisi ekoni dan juga pengetahuan dari negara-negara maju di Asia.

Terkait dengan dampak ekonomi, saat ini Bappenas masih menghitung dampak tidak langsung dari event Asian Games 2018.

“Berdasarkan perhitungan sementara Bappenas, untuk dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama tinggal di Inonesia untuk Asian Games 2018 adalah Rp3,6 triliun rupiah. Komposisinya, 88 persen pengeluaran dari penonton dan wisatawan, 4,67 persen dari pengeluaran atlet, 3,96 persen awak media, 2,34 persen pengeluaran officials dan 0,77 persen pengeluaran sukarelawan. Akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai Rp1,3 triliun,” kata Erick Thohir.

Pengeluaran juga diharapkan termasuk pembelian dari merchandise resmi Asian Games 2018.

Sebagai salah satu upaya mendongkrak eknomi bangsa, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 berkomitmen untuk memajukan produk dalam negeri melalui penyediaan merchandise resmi.

Sementara Mochtar Sarman sebagai Direktur Marchendise Panitia Pelaksana Asian Games 2018 akan mendahulukan perusahaan dan UMKM nasional untuk memegang lisensi marchendise guna memperkenalkan produksi dalam negeri kepada dunia.

“Kami yakin dengan mengedepankan perusahaan dan UMKM nasional dalam menyediakan marchendise resmi Asian Games akan memberikan warisan yang positif untuk kedepannya,” sambung Mochtar.

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 sendiri telah memilih 17 perusahaan dan UMKM nasional sebagai pemegang lisensi untuk memproduksi dan menjual marchendise resmi Asian Games 2018. Pemilihan pemenang lisensi ini sendiri dilakukan secara transparan dan diumumka melalui website. Sistem kerjasama bisnis antara pemegang lisensi dengan Panitia adalah system bagi hasil di mana bagian untuk Panitia dari hasil penjualan bakal diserahkan kepada negara.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membeli marchendise resmi kami, karena hasil penjualannya akan langsung diserahkan kepada negara dan bisa digunakan oleh masyarakat,” pungkas Mochtar.

Selain itu, merchandise resmi Asian Games 2018 saat ini sudah dijual melalui website resmi Asian Games 2018 dan booth-booth resmi yang sudah bisa dijumpai di 20 mal (pusat perbelanjaan) di Jakarta.

kinoy jackson