LSI: Airlangga Sosok Paling Potensial Dampingi Jokowi dari Kalangan Parpol

Senin, 14 Mei 2018

DEKANDIDAT.COM – Siapa yang cocok mendampingi Jokowi di Pilpres 2019? Hasil survei terkini LSI Denny JA bertajuk ‘Mengapa Jokowi Kuat, Namun Semakin Lemah?’ , Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dinilai sebagai sosok yang paling potensial untuk menjadi cawapres dari kategori Partai Politik.

“Berdasarkan penilaian yang kita lakukan dengan melibatkan 30 ahli yang terdiri dari peneliti dan akademis, Airlangga Hartarto memperoleh nilai paling tinggi, 34 poin, disusul Budi Gunawan (32), dan Puan Maharani (31),” ujar peneliti senior LSI, Denny JA, Adjie Alfaraby, Senin (14/5) siang, di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur.

Airlangga memperoleh poin 34 dari hasil penjumlahan nilai elektabilitas (2), dukungan partai (8), kapasitas kemampuan pemerintahan (7), kenyamanan capres (6), akomodasi kelompok tertentu (5), dan menambah dana kampanye (6).

“Untuk cawapres dari kalangan parpol, nama Hari Tanoe juga ada. Dia hanya meraih 27 poin. Sementara Surya Paloh mendapat 29 poin, dan Osman Sapta di posisi terakhir dengan 26 poin.”

Sementara untuk cawapres Jokowi dari kalangan militer, Jenderal Moeldoko berada di posisi pertama dengan meraih 34 poin, disusul AHY (33), dan Gatot Nurmantyo (31).

“Untuk kategori ini,Ryamizard Ryacudu dan Wiranto juga ikut dinilai. Namun Wiranto hanya memperoleh 29 poin, sedangkan Ryamizard berada di posisi terakhir (26).”

Rizieq Paling Rendah

“Untuk cawapres potensial dari kalangan tokoh Islam, posisi tiga besar diduduki oleh TGB Zainul Majdi menjadi yang pertama dengan meraih 37, disusul Cak Imin (36), dan Romahurmuziy (35),” jelasnya.

Posisi selanjutnya, Ahmad Heryawan di posisi keempat (34), Din Syamsudin (26), Mahfud MD dan Said Aqil Siradj di posisi kelima (25), dan posisi terakhir Habib Rizieq Shihab (22).

“Siapa sosok yang paling potensial mendampingi Prabowo? Posisi pertama Ahmad Heryawan (37). Berikutnya Cak Imin (36) dan TGB Zainul Majdi (35) di posisi kedua dan ketiga.”

Sedangkan untuk sosok cawapres yang paling potensial mendampingi Gatot Nurmantyo adalah, Cak Imim di posisi pertama (38), disusul AHY (37), dan Ahmad Heryawan (36) di urutan kedua dan ketiga.

LSI Denny JA melakukan survei sejak 28 April – 5 Mei dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. Metode survei yang digunbakan multi stage random sampling, margin errornya berada di kisaran plus minus 2,9 persen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kinoy jackson