Menpora Luncurkan Sepeda Nusantara 2018

Minggu, 13 Mei 2018

DEKANDIDAT.COM – Sukses di perhelatan 2017, Kemenpora kembali menggelar aksi gowes di Tanah Air. Namun kali ini namanya berganti menjadi ‘Sepeda Nusantara 2018’.

Launcing dilakukan oleh Menpora Imam Nahrawi bersama seluruh jajarannya dengan membunyikan sepuluh bel sepeda secara bersamaan, Sabtu (12/5) malam, di Hotel Mega Anggrek, Jakarta.

Menpora menjelaskan, perubahan nama ini menyesuaikan dengan kebiasaan Presiden Joko Widodo yang selalu membagikan sepeda dalam setiap kunjungannya.

“Sepeda ini sudah biasa diberikan hadiah olah pak Presiden. Karena itu kami ingin turut menyelaraskan, karena sepeda lebih familiar,” kata Imam Nahrawi malam itu.

“Target dari Sepeda Nusantara ini adalah untuk membugarkan dan menyehatkan masyarakat, mengajak masyarakat membudayakan berolahraga. Demikian juga ajang ini sekaligus untuk mempromosikan dua even akbar Indonesia Asian Games dan Para Games.”

Dijelaskan, Rute kali ini lebih menantang karena kita melewati berbagai pulau di Indonesia seperti, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Papua, Jawa dan berakhir di Bali.

“Rute ini membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang lebih. Apa lagi jarak tempuhnya sekitar 6.700 km. Saya berharap di setiap rute dan di setiap persimpangan, bisa mengeksplorasi kekayaan alam kita baik itu wisata, budaya, kuliner atau apa saja yang bisa ditemui dalam perjalanan. Sehingga bersepeda itu menunjukkan kekayaan khazanah kita yang tiada tara dibanding dengan negara-negara lain,” ujar menteri dari PKB ini menambahkan.

Sepeda Nusantara 2018 akan dilaksanakan sejak Mei – November. Even yang akan melewati 34 provinsi tersebut, startnya akan dimulai pagi ini di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Minggu.

Selain program gowes di Kabupaten/Kota, Kemenpora juga memberangkatkan Tim Sepeda Jelajah Nusantara yang beranggotakan 15 orang. Mereka akan mengayuh sepeda melintasi pulau Jaea, Kalimantan, Sulawesi, dan finish di Bali.

Sementara itu Deputi Pembudayaan Olahraga Dr Raden Isnanta M Pd mengingatkan bahwa bersepeda adalah ciri khas masyarakat Indonesia.

Bersepeda juga membuat masyarakat akan lebih muda saling bertegur sapa, menunjukkan sebagai makhluk sosial.

Namun, target utama dari Kemenpora adalah untuk menjalankan tugas mengajak masyarakat menjadi bugar.

“Target dari Sepeda Nusantara ini adalah untuk membugarkan dan menyehatkan masyarakat, mengajak masyarakat membudayakan berolahraga. Demikian juga ajang ini sekaligus untuk mempromosikan dua even akbar Indonesia Asian Games dan Para Games,” paparnya.

kinoy jackson