Benny Laos, Sukses Naikkan Derajat Kota Morotai

Selasa, 17 April 2018

DEKANDIDAT.COM – Tidak banyak tempat yang memiliki persinggungan sejarah langsung dengan dunia luar. Salah-satunya adalah pulau Morotai, Maluku Utara.

Landasan pacu bandara dengan standard internasional pertama di Indonesia, ada di Morotai. Yakni bandara Morotai yang selama kurang lebih lima tahun menjadi salah-satu pusat aktifitas tersibuk selama perang dunia kedua di Pasifik.

Kini kabupaten Morotai terus berbenah diri dengan kemajuan pembangunan di segala sektor. Sejak 2016, Morotai dipimpin seorang bupati muda visioner, Benny Laos. Dengan latar belakang sebagai pengusaha, oleh banyak kalangan Benny Laos dinilai tepat memimpin Morotai. Sebagai anak muda yang energik, Benny Laos dianggap memiliki kapabilitas yang lebih dari memadai untuk memimpin kemajuan Morotai.

Sebagai seorang anak muda pembangun, Benny Laos telah membuktikannya dengan rekam jejak yang nyata. Dia berinisiatif membangun hotel kelas bintang di Ternate. Pada saat itu semua orang menilainya ‘gila’. Mana mungkin bisnis hotel kelas bintang bisa menghasilkan hitungan keuntungan? Mana ada lembaga keungan seperti bank yang mau memfasilitasi permodalan untuk pembangunan hotel sebesar itu?

Bukankah deretan hotel kelas melati sudah cukup dan memadai bagi tamu-tamu dari luar kota Ternate? Atau bahkan untuk kepentingan masyarakat Ternate sendiri? Walikota Ternate saat itu juga sempat mempertanyakan ‘kegilaan’ seorang Benny Laos.

Namun Benny Laos memperlihatkan keteguhan hatinya sebagai seorang visioner. Seorang visioner sejati tidak akan pernah terpengaruh oleh cuaca. Apalagi hanya sekadar omongan orang yang cenderung muatannya subyektif.

Setelah pembangunan selesai dan hotel berjalan, semuanya berubah. Hotel Amara berubah menjadi icon kota Ternate. Benny Laos ternyata mampu “menaikan derajat” kota Ternate dari kota “hotel kelas melati” jadi kota “hotel kelas bintang”.

Seorang visioner memang melakukan sesuatu dengan cara berbeda. Dia tidak akan pernah mau tertuntun mengikuti alur yang sama yang sudah penuh sesak. Dia akan memilih jalannya sendiri, meskipun orang awam akan melihatnya seperti sesuatu yang ‘aneh’.

Milyuner dan pebisnis sukses Amerika Serikat, Warren Edward Buffett, pernah mengatakan “anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang berbeda dengan cara yang sama. Maka lakukanlah dengan cara yang berbeda”.

Itulah yang selama ini dilakukan seorang Benny Laos. Termasuk yang sedang dia lakukan sebagai Bupati Kabupaten Morotai sejak 2016.

Tommy R. Arief