Anak Buah Menpora Ini, Luncurkan Biograpi Berjudul ‘Teguh’

Kamis, 5 April 2018

DEKANDIDAT.COM – Teguh Rahardjo belum pernah menjadi menteri, apalagi Presiden RI. Namun berkat kegigihannya melawan kemiskinan dan kesulitan ekonomi, dia kini punya posisi sebagai Asisten Deputi Pengeloaan Olahraga Rekreasi pada Deputi III Kemenpora. Sebagai wujud rasa bersyukurnya kepada Sang Khalik, mantan pembantu rumah tangga ini menceritakan kisah hidupnya dalam sebuah biograpi berjudul ‘Teguh’.

“Buku ini saya buat bukan untuk menyombongkan diri. Tapi buku ini hadir sebagai wujud rasa terima kasih saya kepada Sang Maha Pencipta yang telah melimpahkan kasih sayangnya kepada saya,” ujar Teguh Rahardjo, Kamis (5/4) siang, di ruang kerjanya, di kantor Kemenpora, Senayan Jakarta.

“Ini hari terakhir saya di ruangan ini. Besok saya tak lagi menjadi Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO. Mulai besok saya fokus di olahraga rekreasi sebagai Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan Olahraga Rekreasi,” kata laki-laki berkumis ini sebelum melakukan serah terima jabatan.

Ayah dari tiga orang anak asli dari Wonosoba, Jawa Tengah ini menjelaskan, niatnya menuliskan kisah hidupnya dalan sebuah biograpi mulai muncul sekitar 4 tahun lalu.

“Sekitar 3-4 tahun lalu, saya mulai berpikir ingin menuangkan kisah hidup di sebuah buku. Saya tak pernah menyangka, kalau seorang anak dusun yang pernah menjadi pembantu rumah tangga, kenek bus, kuli bangunan, dan pekerjaan kasar lainnya, ternyata sekarang bisa duduk di pemerintahan,” lanjutnya dengan mata berbinar.

Karenanya melalui buku berjudul ‘Teguh’ ini, dia ingin memotivasi anak-anak di Indonesia untuk serius berjuang jika ingin menggapai cita-citanya.

“Kalau kita punya kemauan, semangat, Tuhan pasti akan memberi kita yang terbaik.”

Dia menjelaskan, dia sengaja memberi judul bukunya ‘Teguh’, bukan karena mengambil dari namanya, Teguh Rahardjo.

“Judul buku ‘Teguh’ saya pilih karena saya ingin menceritakan keteguhan hati saya berjuang melawan kehidupan yang begitu keras,” tukasnya.

Menpora Salut

Dalam buku berisi 216 halaman yang ditulis oleh IK Diana, Teguh Rahardjo bercerita tentang segala aspek kehidupan yang pernah dilaluinya. Mulai dari kehidupan keluarga yang terpuruk ekonominya, putus sekolah, berpisah dari keluarga, kisah percintaannya, dll, sampai kini dia menetap di Kemenpora.

Menpora Imam Nahrawi dalam buku ini ikut berkomentar. Menurut politisi PKB ini, sosok Teguh Rahardjo dikenalnya sebagai sosok humoris tapi meyakinkan.

“Tak terasa ia akan menyelesaikan tugas-tugas pengabdiannya di Kemenpora. Ia sosok yang selalu menyemangati siapa pun yang ada di depannya, membuat orang gembira, tertawa, bahkan tak percaya ia itu humoris, karena kumisnya yang tebal,” kata Imam Nahrawi.

“Dia telah mendedikasikan hidupnya untuk terus melahirkan bibir atlet dan generasi hebat masa depan.”

“Terima kasih Pak Teguh atas persahabatan, perjuangan, dan ketulusannya,” kata Menpora.

Teguh Rahardjo akan menghabisi karirnya di Kemenpora pada 2019 mendatang.

kinoy jackson