Indonesia Juarai Asian U-19 Beach Volleyball Championship 2018 Thailand

Selasa, 27 Maret 2018

DEKANDIDAT.COM – Tim voli pantai putra Indonesia yang diperkuat Danang Herlambang/Bintang Akbar, sukses menjuarai Asian U-19 Beach Volleyball Championship 2018 yang digelar di Thailand, 21-26 Maret kemarin. Di partai final, Bintang/Danang mengalahkan andalan tuan rumah Thailand, Phanupong Thanan/Phichakon Narathon melalui pertarungan tiga set, 14-21 27-25 15-13, Minggu (25/3), di Nakhon Pathom, Thailand.

Sementara itu tim putri Indonesia, Vitria Rahayu/Ragil Ningtyas gagal ke babak final menyusul kekalahan yang dideritanya dari tim tuan rumah yang diperkuat Thatsarida/Pawarun dengan dua set langsung 10-21 dan 21-23.

Gelar juara di nomor putri akhirnya dimenangkan oleh Thatsarida/Pawarun setelah mengalahkan tim Cina yang diperkuat Zeng Jinjin/Cao Shuting dengan skor 21-15 21-18. Posisi ketiga diraih oleh tim Kazakhstan, Alina Rachenko/Yelizaveta Yeropkina berkat kemenangan 21-17, 25-23 atas Vitria Rahayu/Ragil Ningtyas.

Setibanya di Tanah Air, Danang dan Bintang mengaku sangat bahagian karena bisa mempersembahkan gelar juara. Pasalnya, mereka sempat tertinggal di game pertama. Namun melalui perjuangan yang sangat berat, keduanya bisa mengalahkan tim tuan rumah Thailand.

Sementara itu Asisten Deputi bidang Sentra Pembinaan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Teguh Raharjo yang berkesempatan menjemput kepulangan para atlet bola voli pantai ini di Bandara Soetta, Senin (26/3) malam, sangat merasa bangga.

“Kami bangga dengan prestasi yang telah ditunjukkan oleh Danang dan Bintang dengan menjuarai Asian U-19 Beach Volleyball Championship 2018 di Thailand. Berkat keberhasilan mereka, Indonesia dipastikan bisa menurunkan atlet voli pantainya di Olimpic Youth Games (OYG) yang akan berlangsung di Argentina,” kata Teguh Raharjo malam itu.

Teguh yang mewakil Menpora Imam Nahrawi menambahkan, ke depan pemerintah melalui Kemenpora akan lebih serius lagi dalam menangani para atlet. Saat ini pemerintah sudah sangat serius melakukan pembinaan terhadap para atlet muda melalui PPLP maupun Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

“Untuk mencapai hasil yang maksimal, kami juga meminta dukungan dan kerjasama dari pihak terkait,” lanjutnya.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap atlet berprestasi, para atlet PPLP dan binaan Kemenpora langsung diterima di PPLM Kemenpora.

“Mereka bisa melanjutkan studinya gratis di PPLM Kemenpora,” jelas Teguh.

Adapun para atlet voli pantai yang diberangkat ke Thailand, di bagian putri berasal Yogyakarta dan PPLP Jateng, sementara Danang dan Bintang berasal dari PPLP Smanor Jawa Timur.

kinoy jackson