130 Atlet Peraih Medali Disahkan Menjadi CPNS Kemenpora

Rabu, 17 Januari 2018

DEKANDIDAT.COM – Bila masyarakat umum sulit menjadi PNS, tak demikian halnya dengan para pahlawan olahraga yang sukses mempersembahkan medali di ajang internasional. Cukup dengan bukti medali yang diraihnya, seorang olahragawan langsung diterima sebagai CPNS di lingkungan Kemenpora.

Hal demikian dikatakan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, Rabu (17/1) pagi, saat menjadi inspektur upacara pada upacara bendera yang diikuti oleh ratusan karyawan Kemenpora, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Untuk diterima sebagai CPNS di lingkungan Kemenpora, para atlet cukup dengan bukti medali yang dia dapat di ajang internasional,” tukas Menpan RB.

Dijelaskan, saat ini untuk menjadi PNS, seseorang harus melalui ujian yang dilakukan secara massal dan terbuka. Artinya, tak ada seorang pun yang bisa main curang.

“Ternyata hasilnya sangat memuaskan. Mereka yang diterima sebagai CPNS, pintar-pintar. Kami juga telah menginstruksikan kepada Kemenpora untuk menyisihkan jatah 10 persen bagi para lulusan dengan nilai cumlaude. Ini dimaksudkan agar PNS atau ASN kita berkualitas,” tegasnya.

Ditambahkan, dari jatah 37.000 jatah CPNS untuk semua kementerian, ternyata yang mendaftarkan diri mencapai 2,6 juta orang.

Sementara itu terkait pra syarat seorang olahragawan untuk diterima sebagai CPNS di lingkungan Kemenpora, Imam Nahrawi mengklasifikasikan sebagai berikut; untuk olimpiade, semua peraih medali emas, perak, dan perunggu bisa diterima sebagai CPNS.

“Untuk Asian Games, hanya peraih emas dan perak saja, sedangkan ASEAN Games hanya peraih emas. Artinya, masa depan atlet Indonesia saat ini sangat cerah. Kemenpora sangat berterima kasih sekali kepada Menpan RB yang sudah memperjuangkan nasib para atlet Indonesia,” sambung politisi PKB itu.

Khusus untuk para atlet yang nantinya akan menjadi CPNS di Kemenpora, untuk sementara mereka menjadi pegawai dulu di Jakarta. Nantinya setelah tak lagi menjadi atlet, mereka menjadi pelatih, bisa dipindah tugaskan ke daerah.

Kemenpora juga bisa menempatkan atlet yang PNS tersebut ke kementerian lain.

Pagi tadi, 130 atlet peraih medali internasional yang telah disahkan sebagai CPNS di Kemenpora, tampak sangat bersuka cita. Mereka tak menyangka pemerintah sangat memperhatikan karir dan masa depannya.

 

kinoy jackson