Ikhsan Rumbay, Bangga Punya Ayah Petani

Rabu, 3 Januari 2018

DEKANDIDAT.COM – Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay (Ikhsan) bukan main senangnya ketika Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) memanggilnya untuk masuk ke Pelatnas Cipayung.

“Saya sangat senang bisa masuk Pelatnas PBSI. Kalau saya tetap di Manado, belum tentu bisa masuk pelatnas,” ujar Ikhsan, anak pertama dari dua bersaudara.

Diakuinya untuk meninggalkan Desa Papakelan, Minahasa Utara, Mindanao, sangat lah berat. Meskipun ayahnya cuma seorang petani biasa, dia mengaku sangat dekat dengan keluarganya. Karenanya, ajakan untuk bergabung ke SKO Ragunan, sempat ditolaknya.

Sampai sekarang pun, pemuda kelahiran Tomohon, 17 tahun silam ini, masih tak bisa lepas dengan keluarganya. Saat perayaan Natal kemarin pun, dia minta izin kembali ke kampung halamannya.

“Setiap Natal saya berkumpul dengan keluarga. Natal kemarin pun saya minta izin pulang kampung,” ujarnya sambil menahan senyum.

Ikhsan sama sekali tak malu kalau ayahnya, Ikbal Rumbay, hanyalah seorang petani. Dia justru merasa bangga dan sayang pada orang tuanya.

“Ayah saya cuma petani. Tapi saya bangga punya ayah petani. Dia juga pintar kerja apa saja.”

Soal olahraga kesukaannya yang kini membawanya ke dunia internasional, Ikhsan menyebutkan kalau dia mulai suka bermain bulutangkis sejak berusia 8 tahun.

“Sejak umur 8 tahun, saya sudah bermain bulutangkis bersama teman-teman. Saya sangat mengidolakan Taufik Hidayat,” ujarnya.

Diakuinya, selama berada di SKO Ragunan, dia sangat bergantung pada sosok pelatihnya yang juga mantan juara dunia bulutangkis untuk nomor ganda putra, Luluk Hadiyanto.

Sementara itu dari 104 atlet bulutangkis yang masuk Pelatnas PBSI, Ikhsan masuk kategori kelompok Pratama dengan SK. Artinya selama berada di Pelatnas dan mengikuti kejuaraan internasional, biayanya ditanggung penuh oleh PB PBSI.

“Perjuangan belum selesai. Doakan agar saya bisa sukses mengharumkan nama bangsa dan negara,” tutupnya.

kinoy jackson