PBB Tolak Klaim Trump Soal Yerusalem

Jumat, 22 Desember 2017

DEKANDIDAT.COM – Amerika, Israel, dan segelintir negara pendukungnya terpaksa harus gigit jari menyusul ditolaknya klaim sepihak Donald Trump yang menyebutkan Yerusalem sebagai ibukota Israel oleh mayoritas negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sebelumnya Trump mengancam akan menyetop bantuan dana untuk sejumlah negara, bila negara tersebut berseberangan dengan Amerika terkait masalah Yerusalem.

Berdasarkan laporan AFP, Jumat (22/12) dinihari WIB, dari 193 anggota Majelis Umum PBB, 123 memilih mosi menolak pengakuan AS atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, 9 negara menolak mosi tersebut, sementara 35 negara memilih abstain.

Adapun negara yang ikut mendukung Amerika adalah Isarel, Guatemala, Honduras, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau, dan Togo.

Sementara 35 negara menyatakan abstain, di antaranya Argentina, Australia, Kanada, Kroasia, Republik Ceko, Hungaria, Latvia, Meksiko, Filipina, Polandia, Rumania dan Rwanda.

Resolusi tersebut menegaskan kembali bahwa status Yerusalem harus diselesaikan melalui negosiasi, dan bahwa setiap keputusan yang berada di luar kerangka kerja tersebut harus dibatalkan.

kinoy jackson