Tertantang Survei LSI Denny JA, Airlangga Targetkan Golkar Raih 16% Suara

Rabu, 20 Desember 2017

DEKANDIDAT.COM – Begitu disahkan menjadi orang pertama di Partai Golkar, Airlangga Hartarto langsung menargetkan partai beringin harus memperoleh 16% suara di Pemilu 2019.

“Target 16 persen dan harapan meraih 110 kursi di DPR,” kata Airlangga, Rabu (20/12), saat jumpa pers usai Munaslub di JCC Senayan, Jakarta.

Sepertinya pembantu Presiden Jokowi ini terlecut dengan hasil survei terkini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilakukan 1-14 November yang melibatkan 1.200 responden dengan metode wawancara tatap muka menyebutkan elektabilitas Golkar terus merosot tajam.

Di bawah kepemimpinan Setya Novanto, elektabilitas Partai Golkar di bawah kepeimpinan Setya Novanto sempat menyentuh angka 11,6%, tertinggal dari PDIP (24,2%) dan Gerindra (13%).

Airlangga bahkan dalam beberapa kesempatan menyinggung elektabilitas partai yang merosot ke posisi 3. Menurutnya, saat ini waktunya untuk membangkitkan Golkar.

“Pertama target elektabilitas, dalam pembukaan munas posisi golkar dalam survei dekati single digit, inilah waktunya konsolidasi, dan kembali pada 2014 lalu,” kata dia.

Airlangga juga akan mensolidkan kepengurusan hingga akar ranting. Konsolidasi dilakukan demi kemenangan di Pemilu 2019 dan memenangkan Jokowi jadi Presiden.

“Munas ini aklamasi sehingga dengan berakhirnya semoga di tingkat semuanya bisa solid. Momentum golkar untuk bangkit dan memenangkan Pilkada, Pileg, Pilpres,” tutupnya.

Tekad Airlangga ini sejalan dengan hasil survei LSI Denny JA. Sebanyak 65.7 persen rakyat meyakini Golkar bisa bangkit kembali dengan branding baru, antara lain Ketua Umum Baru dan Program Baru.

Program baru yang dikehendaki rakyat dalam survei LSI itu memang isu kesejahteraan seperti harga sembako yang terjangkau, terbukanya lapangan pekerjaan, dan tersedianya rumah murah.

Hasil survey LSI Denny JA lainnya menyebutkan, sosok Airlangga hartarto menjadi salah satu calon rising star di Golkar. Enam calon rising star lainnya adalah, Idrus Marham, Nusron Wahid, Dedi Mulyadi, Muthiah Hafid, Titiek Soeharto, dan Azis Syamsudin.

LSI Denny JA meyakini, Partai Golkar paska Munaslub bisa menjadi Golkar baru. Publik masih sangat antusias dengan Golkar, jika partai ini tampil dengan branding baru, ketua umum baru, dan program nasional baru.

kinoy jackson