Tim Kirab Zona 1 Siapkan Kejutan Untuk Presiden Jokowi

Senin, 20 November 2017

DEKANDIDAT.COM – Meskipun perhelatan Kirab Pemuda Nusantara  (KPN) baru akan berakhir pada 7 Desember di Blitar, namun Tim Inti KPN Zona 1 akan memberikan penampilan spesial dan kejutan untuk Presiden Jokowi dan Menpora Imam Nahrawi.

“Kalau Pak Presiden (Jokowi) datang, kami bukan hanya akan menampilkan pertunjukkan seni. Tapi kami juga akan memberikan kenang-kenangan buat Pak Presiden. Tapi kami tak mau menyebutkannya sekarang,” tukas Rahmad Hakiki, salah satu anggota Tim Inti KPN Zona 1, penggagas pentas seni dari kelompoknya.

Dia bercerita, ketika masih di titik ke-3, di Kalimantan, dia bersama Sasra (30), pendamping peserta berencana akan mempersembahkan karya seni suara dan tari di puncak acara KPN di Blitar.

Ternyata apa yang mereka rencanakan mendapat sambutan antusias dari rekan-rekannya. Sejak saat itu lah Hakiki dan Sasra membuat konsep penampilan seni yang mengangkat ragam budaya di Tanah Air.

“Untuk paduan suara, kita akan membawakan lima lagu daerah dari lima pulau besar yang ada di Indonesia, yakni Sumetera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Sementarta untuk tarian, kita akan mempersembahkan Tari Saman, Tari Melayu, Tari Tor-Tor, dll,” ujarnya.

“Kami membuat semua ini untuk menunjukkan bahwa betapa hebatnya Indonesia. Dengan keberagaman yang ada, kami ingin menunjukkan rasa persatuan. Melalui penampilan kami nanti, kami juga akan menunjukkan bahwa orang papua bisa menyanyi Jawa, sebaliknya dengan suku lainnya. Kami senang dengan keberagaman.”

Ditambahkan, Tim Inti KPN Zona 1 sangat serius untuk menampilkan hasil karyanya pada 7 Desember mendatang. Terbukti, setiap ada waktu luang, mereka memanfaatkannya untuk berlatih.

Di Cilegon misalnya, mereka memanfaatkan waktu senggang usai makan siang untuk berlatih bersama.

“Kalau tidak salah, kita sudah 13 kali latihan. Sebelum sampai ke Blitar, kami masih memiliki kesempatan berlatih empat kali lagi.”

Kostum Patungan

Khusus untuk kostum yang akan dikenakan saat mereka tampil nanti, Hakiki secara jujur mengatakan kalau tiap anggota tim wajib patungan Rp100 ribu. Dari 36 anggota Kirab Zona 1, terkumpul dana Rp3,6 juta.

“Ditambah dana dari pendamping, kita punya uang Rp4 juta untuk kostum. Meskipun bukan kostum mahal, kami ingin menunjukkan kalau kami telah berbuat,” lanjutnya yang kesehariannya menjadi instruktur aerobic di tanah kelahirannya, Bengkulu.

Menyinggung soal Tim Inti KPN Zona 1, Hakiki dkk mengakui kalau mereka memikili hubungan yang sangat baik.

kinoy jackson