Pemkot Cilegon Bangga Disambangi Tim Inti Kirab Pemuda Nusantara

Senin, 20 November 2017

DEKANDIDAT.COM – Pemkot Cilegon bukan main bahagianya ketika Kemenpora memberi kepercayaan kepada Cilegon sebagai salah satu wilayah di Tanah Air yang disambangi oleh Tim Inti Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017, Zona 1.

“Kami sangat berbahagia sekali dengan kepercayaan yang diberikan Kemenpora, menjadikan Cilegon sebagai salah satu kota yang didatangi oleh Tim Inti Kirab Pemuda Nusantara,” ujar Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi M.Si, Senin (20/11), saat menyambut Tim Inti KPN Zona 1 di halaman kantornya.

Menurutnya, ke-36 pemuda yang berada di Tim Inti KPN adalah para pemuda pilihan.

“Ke-36 pemuda yang saat ini berada bersama kita adalah para pemuda pilihan yang telah dipilih oleh Kemenpora. Karenanya kami sangat bersyukur sekali bisa menyambut mereka di Cilegon,” ujarnya.

“Bukan pekerjaan mudah untuk masuk dalam Tim Inti Kirab. Ke-36 pemuda ini harus berjuang keras untuk bisa terpilih.”

Ditambahkan, sejak dimulainya Kirab Pemuda Nusantara dari pulau Miangas, dia selalu mengikuti perkembangan beritanya.

Edi berharap, Tim Inti KPN Zona 1 akan tiba dengan selamat di Blitar pada 6 Desember mendatang.

Sementara itu Kabid Organisasi Kepemudaan Kemenpora, Mandir Ahmad Syafei menyatakan bahwa Tim Inti KPN ditugaskan selama 70 hari lebih untuk merawat kebhinekaan.

“Cilegon merupakan titik ke-16 yang didatangi oleh Tim Inti Kirab Pemuda Nusantara Zona 1. Sebelumnya mereka berada di Lampung. Selesai di Cilegon, mereka akan melanjutkan perjalanannya ke Jakarta,” imbuhnya.

“Oleh Kemenpora, mereka ditugaskan untuk menciptakan persatuan di kalangan pemuda. Melalui perjalanan Kirab Pemuda Nusantara, mereka akan mengetahu betapa beragamnya budaya, adat, dan agama di Tanah Air. Kami berharap, para pemuda pilihan ini bisa bercerita kepada teman-temannya sepulangnya mereka melakukan kirab.”

Pawai Parade Kirab

Pagi tadi, sekitar 1.000 peserta dari berbagai elemen ikut ambil bagian dalam parade Kirab Pemuda Nusantara (KPN) di kota Cilegon.

Selain pasukan inti KPN yang terdiri dari 36 pemuda yang berasal dari 34 provinsi dan 2 OKP (PMKRI dan Fatayat NU), parade Kirab Pemuda Nusantara diikuti oleh Paskribaka Cilegon, marching band, Cilegon Etnik Carnical, pelajar SLTA, KNPI, dll.

Parade KPN yang dimulai dari rumah dinas walikota Cilegon, dilepas oleh Asisten Daerah I, Sekda Kota Cilegon, Taufikurrahman HS.

Diawali oleh marching band, parade KPN bergerak secara perlahan menyusuri jalan-jalan kota Cilegon menuju kantor walikota Cilegon yang jarak sekitar 2 km.

Iring-iringan parade KPN yang panjangnya mencapai 500 meter menjadi tontonan sendiri bagi warga setempat. Apalagi dengan ikut bergabungnya Cilegon Etnik Carnival dengan sejumlah kreasi terbaiknya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Pataka dari Kemenpora kepada Pemkot Cilegon.

kinoy jackson