Bantul Gelar Gala Desa Berbarengan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Minggu, 29 Oktober 2017

DEKANDIDAT.COM – Pertandingan sepakbola antara tim tuan rumah Baturetno melawan Triharjo menandai dimulainya Gala Desa, salah satu program unggulan Kemenpora, Sabtu (28/10), di Lapangan Wiyoro, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pertarungan antara kedua desa tersebut dimenangkan oleh Desa Triharjo setelah kalah 4-6 (1-1) melalui drama adu penalti.

Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora,  dr I Nyoman Winata, Sp.Ko mengatakan, pembukaan Gala Desa yang bertepatan dengan moment Hari Sumpah Pemuda diharapkan mampu mendapatkan jiwa-jiwa yang jujur, sportif, bersahabat, serta mampu meningkatkan persatuan di antara bangsa Indonesia.

“Mudah-mudahan bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini kita mampu melanjutkan cita-cita pimpinan-pimpinan kita terdahulu untuk tetap mempersatukan negara Republik Indonesia,” kata Nyoman Winata.

Dilangsungkannya Gala Desa ini, lanjut Nyoman, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Kemenpora memiliki program yang sangat banyak untuk meningkatkan masyarakat berolahraga melalui konsep Ayo Olahraga mengajak semua lapisan masyarakat berolahraga mulai dari desa bertujuan untuk bugar guna mendapatkan sehat, sehingga mampu produktif,” tambahnya.

Nyoman menambahkan, melalui Gala Desa, Kemenpora tengah mencari bibit-bibit atlet potensial.

“Ke depannya atlet-atlet yang kita cari dari desa, mampu mewakili Indonesia di pentas internasional,” pungkasnya.

Adapun Gala Desa Kabupaten Bantul ini diikuti oleh 760 atlet dari 75 desa. Mereka akan bertarung di enam cabang olahraga, yakni sepakbola, sepak takraw, bulutangkis, bola voli, atletik dan tenis meja.

Sekda Kabupaten Bantul Drs Riantono Msi yang mewakili Bupati Bantul Drs H Suharsono mengatakan. pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap progam Gala Desa gawean Kemenpora ini.

“Kami meyakini, melalui Gala Desa masyarakat semakin aktif untuk berolahraga, sehingga bisa memberikan bibit atlet dari Kabupaten Bantul yang potensial. Untuk itu kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,” tutur Riantono.

kinoy jackson