Kemenpora Berharap Tim Pelajar Asahan Raih Piala Barcelona

Rabu, 25 Oktober 2017

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di lantai III kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, Rabu (25/10) siang, melepas keberangkatan Tim Pelajar Asahan U-16 untuk berlaga di Tournament Football Internasional Barcelona Cup 2017. Kemenpora Berharap Tim Pelajar Asahan juara.

“Tepat pukul 14.47, secara resmi kami lepas keberangkatan Tim Pelajar Asahan U-16 untuk mengikuti turnamen sepakbola di Spanyol. Mereka akan bertarung bersama 19 klub lain di Tournament Football Internasional Barcelona Cup 2017, di Salou, Spanyol, 26-30 Oktober,” kata Raden Isnanta yang saat itu didampingi oleh Asdep Sentra Keolahragaan Kemenpora, Teguh Raharjo.

Asahan terpilih menjadi tim yang mewakili Indonesia di Barcelona Cup, berkat keberhasilan mereka menjuarai turnamen sepak bola U-14 yang digelar Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) zona Sumatera Utara.

Pada turnamen internasional kali ini, Tim Pelajar Asahan tergabung di Grup A bersama dengan Fortuna FF asal Swedia, Klemetsrud (Norwegia), Newbridge Town (Irlandia), Taby FK (Swedia), dan UE Bufala (Catalunya).

“Juara adalah target, tapi kalau tak juara, tak apa-apa. Yang penting anak-anak bisa belajar. Apalagi tim ini berasal dari kabupaten, namun langsung bisa berlaga di turnamen internasional. Ini sebuah prestasi tersendiri,” tambahnya.

Mudah-mudahan dengan keberangkatan Tim Pelajar Asahan ini, nanyinya bisa memacu semangat kabupaten/kota lainnya di Indonesia yang mempunyai dana untuk melakukan hal yang sama. Pasalnya, banyak pelajaran berharga yang bisa didapat di sebuah turnamen internasional.

“Spanyol selama ini menjadi kiblat sepak bola Indonesia. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan mengasah kemampuan standar Eropa. Ayo, tunjukkan kemampuan terbaik kalian,” kata Raden Isnanta menambahkan.

“Sekarang kalian kami berangkatkan. Nanti pada tanggal 30 Oktober, kami berharap kalian tiba di Bandara Soekarno – Hatta, kapten berada di depan dengan membawa piala juara,” tukas Isnanta.

“Kalau kalian kembali ke Tanah Air sebagai juara, kita semangat menyambutnya,” sergah Isnanta berkelakar.

Pada kesempatan itu pula, Teguh Raharjo mengingatkan kepada Tim Pelajar Asahan untuk selalu menjaga paspornya sebaik mungkin.

“Perlu diingat, selama berada di luar negeri, paspor harus dijaga benar-benar. Jangan sampai hilang. Kalau paspor kalin hilang, kalian tak akan bisa pulang ke Tanah Air,” ujar Teguh mengingatkan.

“Kemarin, waktu Tim Pelajar Indonesia berlaga di Iran, salah satu pemainnya kehilangan paspor. Akibatnya, dia ditinggal karena tidak bisa pulang. Untuk memperoleh paspor baru diperlukan biaya yang sangat mahal.”

Selain itu, Teguh mengingatkan lagi, keikutsertaan Tim Pelajar Asahan bukan hanya mengejar juara. Akan tetapi juga untuk mengetahui level permainan sepakbola mereka dibandingkan dengan peserta dari negara lain.

Para pemain yang tergabung di Tim Pelajar Asahan, terdiri dari musrid SLTP kelas 3 dan murid SLTA kelas 1.

kinoy jackson