Jokowi-JK Bikin Investor Asing Berbondong-bondong Tanamkan Modal di Indonesia

Kamis, 14 September 2017

DEKANDIDAT.COM – Naiknya peringkat Indonesia sebagai negara layak investasi yang dikeluarkan oleh Standard and Poor’s (S&P) akan berdampak positif bagi ekonomi nasional. Karena dengan begitu, investor asing akan berbondong-bondong masuk ke Indonesia.

Hal demikian dikatakan Ketua Umum Kaukus Muda Indonesia (KMI), Edi Homaidi, Kamis (14/9), di Jakarta.

“Dengan kenaikkan peringkat Indonesia sebagai negara layak investasi, akan mempercantik Indonesia di mata investor asing. Sehingga kondisi ini bisa memangkas keraguan investor untuk masuk ke Indonesia, baik investasi secara langsung maupun lewat surat utang,” kata Edi Homaidi.

Ditambahkan, rating invesment grade dari semua lembaga pemeringkat surat utang juga akan membuat biaya surat utang Indonesia akan melandai, termasuk untuk samurai bond. Sehingga kita berharap hal ini akan berdampak positif atas yield surat utang Indonesia. begitupun dengan beban pembayaran bunga juga dapat terpangkas.

“Kita berharap, agar ke depan dan saat ini aliran dana investor dari asing untuk menanam modal di Indonesia juga semakin deras. Sehingga nantinya, target pencapaian Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang menargetkan realisasi investasi Rp670 triliun tahun 2017, dan Rp 840 triliun pada tahun 2018 dapat terwujud,” imbuhnya

Oleh karenanya KMI mengajak seluruh elemen bangsa memberi apresiasi dan dukungan kepada pemerintahan Jokowi-JK atas pencapaian di bidang investasi tersebut dengan tidak menciptakan kegaduhan politik demi untuk kepentingan sesaat dan kepentingan kelompok.

“Mereka harus lebih mementingkan kepentingan bangsa secara luas dan untuk kemajuan dan pembangunan ekonomi secara nasional,” ujarnya mengingatkan.

Kenaikan peringkat investasi Indonesia akan membuat investor asing semakin berbondong-bondong memarkirkan dana di surat utang dalam negeri, walaupun yield-nya menciut.

kinoy jackson