Ribuan Anggota Paskibraka se-Indonesia Apel Kebangsaan di Cibubur

Rabu, 23 Agustus 2017

DEKANDIDAT.COM – Siang tadi (23/8), lapangan sepakbola Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Jakarta Timur, dipenuhi oleh ribuan pelajar setingkat SLTA. Mereka adalah para Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) se-Indonesia yang tengah mengikuti Apel Kebangsaan bersama Menpora Imam Nahrawi.

Apel Kebangsaan merupakan puncak berkumpulnya Paskibraka se-Indonesia setelah mereka menjalankan tugasnya di daerah masing-masing pada peringatan HUT RI ke-72, 17 Agustus lalu.

Pada kesempatan itu, seluruh anggota Paskibraka yang hadir menyatakan kebulatan tekad, anti radikalisme, anti terorisme, dan anti narkoba.

Pada Apel Kebangsaan kali ini, Cak Imam didapuk sebagai Inspektur Upacara. Hadir pada kesempatan ini, Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri yang ternyata juga anggota Paskibraka pada 1972, sebagai pembawa bendera pusaka.

Menpora mengatakan, Apel Kebangsaan merupakan gebrakan yang dilakukan Kemenpora. Kegiatan ini pertama kali dilaksakan.

“Apel Kebangsaan merupakan yang pertama kali dilakukan. Melalui acara ini, Purna Paskibraka dan Paskibraka dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota berkumpul jadi satu,” kata Menpora.

“Pernyataan sikap seluruh anggota Paskibraka menunjukkan bahwa Paskibraka betul-betul menjadi generasi revolusi mental yang siap menjadi contoh dan panutan di tengah-tengah masyarakat dan pelajar.”

“Paskibraka adalah miniatur persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, karena anggota Paskibraka mewakili provinsi dan kabupaten/kota.”

Imam Nahrawi menambahkan, Paskibraka merupakan model kaderisasi revolusi mental pemuda yang seratus persen adalah Indonesia, seratus persen Pancasila, seratus persen Bhineka Tunggal Ika, seratus persen berintegritas, seratus persen anti narkoba, seratus persen anti radikalisme. dan seratus persen anti terorisme.”

Kata Menpora, Paskibraka bukanlah sekedar pasukan pembawa kain merah dan putih. Anggota Paskibraka adalah penjaga martabat dan kehormatan sebuah bangsa bernama Indonesia. Anggota Paskibra adalah orang-orang pilihan yang diberi mandat untuk menjaga pusaka-pusaka dan bendera merah putih,” tegasnya.

kinoy jackson