1.000 Peserta Semarakkan GPN 2017 Lampung

Minggu, 6 Agustus 2017

DEKANDIDAT.COM – Sekitar 1.000 peserta ikut meramaikan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 edisi Bandar Lampung, Minggu (6/8), di Tugu Adipura Bandar Lampung.

“Kami sangat berterimakasih pada pihak Kemenpora. Melalui even ini, Kemenpora bukan hanya mengajak masyarakat Bandar Lampung menjadi sehat karena berolahraga. Akan tetapi melalui even ini, banyak masyarakat dari luar untuk datang dan membelanjakan uangnya ke tanah Bandar Lampung,” kata Walikota Bandar Lampung, Herman.

Sementara itu Kepala Bidang Olahraga Tradisional pada Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Drs Arman menjelaskan, pihaknya menjadikan gerakan pemuda dan olahraga harus mampu masuk ke akar rumput. Pasalnya,
pembibitan atlet saat ini diprioritaskan dari daerah-daerah, seperti talenta olahraga tinju dari Nusa Tenggara Timur dan olahraga bridge dari Manado.

Rencananta Haornas 2017 yang akan dipusatkan di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jateng, akan dibarengi dengan Pekan Gebyar Haornas, Seri Nasional Liga Sepakbola Berjenjang, Gowes Nusantara, serta Peresmian Monumen Tanah Air.

Gowes Pesona Nusantara 2017 mulai berlangsung di empat titik terluar Indonesia sejak Mei lalu dan telah singgah di 90 kabupaten/kota. Selain mengkampanyekan Ayo Olahraga, GPN juga ikut berperan mempererat kesatuan dan persatuan pada bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait hal tersebut, sebanyak 15 orang pesepeda yang tergabung dalam tim Gowes Touring Pesona Nusantara melakukan perjalanan menempuh jarak 5000 Km dari titik 0 Km kota Sabang menuju kota Magelang. Mereka akan mengambil dan membawa tanah dan air dari titik-titik daerah yang telah disepakati untuk dibawa ke Magelang bertepatan dengan Haornas yang jatuh pada tanggal 9 September mendatang.

Dari tanah dan air yang dikumpulkan dan dijadikan satu dari 90 titik tersebut akan dijadikan monumen Tanah Air Nusantara di kawasan Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

kinoy jackson