Pertarungan Silat Betawi, Warnai Prosesi Gowes Pesona Nusantara Jakarta

Sabtu, 5 Agustus 2017

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di makam Pangeran Jayakarta atau makam Fatahilah yang terletak di Jakarta Timur, prosesi pengambilan tanah dan air yang merupakan bagian dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) Jakarta, dilakukan Sabtu (5/8), dengan menampilkan silat Betawi dan seni berbalas pantun.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Bike Club Pinang Indah, Moektiono Ngestiadi dan lurah Pondok Pinang, Hendi Nopriyadi.

Makam Pangeran Jayakarta sengaja dipilih, karena Pangeran Jayakarta dikenal sebagai seorang penguasa kota pelabuhan Jayakarta. Saat itu dia juga menjabat sebagai wakil dari Kesultanan Banten, serta memiliki nama asli Ahmad Jacetra.

Pengambilan tanah pusaka tersebut dilakukan oleh Moektiono, untuk selanjutnya diserahkan kepada Hendi Nopriyadi. Pada akhirnya tanah dan air tersebut akan digabungkan dengan tanah dan air yang telah diambil dari daerah lain atau selama diselenggarakannya GPN.

“Makam Pangerang Jayakarta merupakan tempat bersejarah di Indonesia. Tanah dan air yang telah kita ambil di sini, akan dijadikan sebagai perwakilan tanah dan air dari Jakarta,” kata Hendi usai pengambilan tanah dan air di Jakarta.

GPN Jakarta akan menempuh jarak 240 Km, dari Rangkas Bitung menuju ke Pondok Pinang.

Nantinya Tim Tour Gowes Pesona Nusantara (TGPN) akan disambut oleh sejumlah artis ibukota seperti Claudia Cintya Bella dan Band ST 12.

Bahkan rencananya di garis finish akan dimeriahkan oleh sejumlah stand dengan produk menarik.

Menpora Imam Nahrawi dijadwalkan akan ikut menggowes sepedanya bersama sekitar 2.000 peserta lain di Pondok Pinang Center, Minggu (6/8) pagi.

“Untuk memeriahkan GPN Jakarta, besok acara kita siapkan semaksimal mungkin. Khusus untuk olahraga bersepada, dengan bersepeda kita telah mendukung program hemat bahan bakar, mengurangi polusi, dan membuat badan sehat,” ujar Moektiono.

kinoy jackson