Rute Gowes Pesona Nusantara Ternate, Lewati Objek Wisata Andalan

Sabtu, 22 Juli 2017

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di pelataran depan Kesultanan Ternate, prosesi pengambilan tanah dan air yang merupakan bagian dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara 2017, Sabtu (22/7), dilakukan dalam suasana hikmad.

Prosesi tersebut terasa sangat sakral. Tanah yang dalam bahasa setempat disebut Oro Kaha se Ake La Madadiremoi, pengambilannya dilakukan oleh Bubato Akhirat, yaitu para imam masjid, khatib kesultanan Ternate, Bubato Dunia, kepala distrik kampung-kampung yang berada di kaki Gunung Gamalama, serta pejabat Kemenpora.

Selanjutnya tanah tersebut dimasukkan kedalam cawan yang terbuat dari tanah liat untuk kemudian ditempatkan ke wadah berbentuk kapal laut.

Sedangkan prosesi pengambilan air dilakukan di bagian Timur Alun-Alun Kdaton Kesultanan. Air tersebut berasal dari sumber mata air yang dinamakan Ake Santosa.

Tanah dan air tersebut kemudian disemayamkan di Keraton Ternate selama semalam. Esoknya baru dilakukan upacara penyerahan tanah dan air kepihak pemerintah pusat (Kemenpora).

“Sebelumnya kami berembuk dengan perangkat adat untuk membicarakan tujuan pengambilan tanah dan air ini. Dari pihak Kemenpora kami mendapat informasi bahwa tanah dan air akan diambil dari 90 tempat di Tanah Air. Untuk kemudian tanah dan air tersebut digabungkan di Magelang. Filosofinya adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara daerah-daerah di Indonesia, sekaligus untuk lebih memperkuat NKRI,” tutur M. Rizal Effendi, selaku Fanyira Kadaton (lurah di kadaton).

Sementara itu Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Drs Bambang Laksono sangat mengapresiasi penyambutan yang dilakukan warga Ternate terhadap GPN 2017.

“Proses pengambilan tanah dan air secara hikmad, menunjukkan kesungguhan masyarakat setempat terhadap penyelenggaraan acara GPN 2017,” ujarnya.

Hal senada diungkpan Asdep Kemitraan dan Penghargaan Olahraga Kemenpora, DR Dwijayanto Sarosa Putra. Ia pun optimis perhelatan Gowes Pesona Nusantara di Ternate ini akan berlangsung sukses, karena dipersiapkan secara matang.

“Saya yakin perhelatan GPN di Ternate berlangsung semarak dan sukses.”

“Ternyata kerjasama pemerintah daerah Ternate dengan berbagai stakeholder seperti Garuda Indonesia terwujud melalui promo paket penerbangan dan penginapan ke Ternate dengan harga khusus,” pungkasnya.

Perhelatan Gowes Pesona Nusantara di Ternate akan berlangsung Minggu (23/7) pagi.

Kadispora Ternate, Sukarjan Hirto, yang juga merupakan ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa rute yang akan ditempuh sejauh 15 kilometer dan akan diikuti lebih dari 1.000 peserta.

“Kita akan melakukan start dari benteng Kalamata, diawali dengan penyerahan tanah dan air dari Kesultanan Ternate ke pihak Kemenpora. Selanjutnya peserta bergerak menuju benteng Tolukko sebelum akhirnya finish di depan Benteng Oranje,” paparnya.

Ia memaparkan, rute Gowes Pesona Nusantara akan melewati beberapa objek wisata andalan seperti pantai Toboko, landmark kota Ternate, taman Nukila, benteng Tolukko, Keraton Kesultanan Ternate, dan Pantai Sulamadaha.

kinoy jackson