Tak Ingin Mengecewakan Calon Cadangan

Kemenpora Hanya Melatih Tim Inti Paskibraka

Kamis, 6 Juli 2017

DEKANDIDAT.COM – Tak ingin membuat kecewa terhadap para calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Kemenpora hanya akan menggembleng 68 orang dari 34 provinsi pada Pusdiklat Calon Anggota Paskibraka Tingkat Nasional, Juli ini, di Cibubur.

“Selain masalah pendanaan, Kemenpora pada intinya tak mau mengecewakan para calon anggota Paskibraka. Mereka yang jauh-jauh berangkat ke Jakarta, pasti berkeinginan bertugas di Istana Negara pada 17 Agustus mendatang. Karenanya Kemenpora langsung menerima bersih dari provinsi, masing-masing sepasang,” tegas Plt. Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal, Kamis (6/7) siang, di Jakarta.

Joni mengatakan, seluruh calon anggota Paskibrakan 2017, dijadwalkan sudah berkumpul di Cibubur pada 24 Juni mendatang.

“Para calon anggota Paskibraka tersebut akan memulai Pusdiklat pada 25 Juli mendatang. Mereka nantinya akan dilatih oleh tim dari Garnisun Tetap I/Jakarta,” tambah Joni.

“Kalau dulu, calon anggota Paskibraka yang dipanggil ke Cibubur dua kali lipat dari sekarang, yakni 136 orang. Karena waktu itu kita juga melatih cadangannya. Tapi sekarang, kita hanya melatih tim inti saja. Namun kami meminta tiap-tiap provinsi tetap menyiapkan cadangan. Jika suatu ketika ada yang tidak bisa melanjutkan, maka cadangannya langsung diberangkatkan ke Jakarta,” tukas Joni,

“Perubahan pengiriman jumlah peserta ini berpedoman pada Permenpora No.0065 Tahun 2015.”

Seperti diketahui, saat memperingati HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara, Paskibraka menjadi perhatian utama. Karena mereka lah yang ditugaskan mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

“Ada tiga pihak dalam pembentukan Paskibraka, yaitu penyelenggara, pembina, dan pelatih. Masing-masing harus memahami tugas dan fungsinya dengan baik, saling bekerjasama, menyikapi perubahan-perubahan yang ada, bila ada permasalahan dipecahkan secara bersama-sama,” imbuhnya.

Setelah bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih, para anggota Paskibraka akan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat seperti instansi pemerintah, swasta, dll.

kinoy jackson