IMMN Minta KPK Usut Tuntas Proyek Renovasi Gedung Kesekjenan DPR

Senin, 5 Juni 2017

DEKANDIDAT.COM – Kecewa karena aksi protesnya tak direspon oleh pimpinan DPR RI, Ikatan Mahasiswa Muslim Nusantara (IMMN) akhirnya melaporkan kejanggalan proyek renovasi gedung Kesekjenan DPR RI ke KPK. Kepada lembaga anti rasuah ini, IMMN meminta kasus ini diusut tuntas.

“Kami kecewa karena pimpinan DPR RI tak merespon laporan kami. Satu-satunya jalan untuk mengusut tuntas proyek renovasi ini adalah dengan melaporkan ke KPK,” tandas penasehat IMMN, Rudy Darmawanto, Senin (5/6) malam, di Jakarta.

Sebelumnya, Senin pagi, Ketua Umum IMMN, A Raufhaulani dan Sekum IMMN, Abdul Kahar mendatangi KPK.

“Kami memohon kepada komisioner KPK segera melakukan investigasi dan supervisi terhadap pejabat Biro BMN DPR RI. Ini demi citra DPR RI sebagai lembaga tinggi negara,” tukasnya.

Seperti diberitakan, pada Selasa (30/5), IMMN telah melayangkan surat ke pimpinan DPR RI terkait proyek renovasi di gedung Kesekjenan DPR RI yang dinilai tak sesuai prosedur.

Menurut Rudi, koridor di gedung DPR RI yang tengah direnovasi, pengerjaannya memang bagus. Apalagi material yang digunakan, marmer, dll, merupakan bahan-bahan kualitas terbaik. Namun IMMN mempertanyakan proyek tersebut yang diduganya tanpa melalui proses lelang.

“Kalau memang dilelang, kapan lelangnya? Di media apa pengumumannya? Berapa nilainya dan siapa pemenangnya? Ini kan tidak ada,” kata Rudy ketika itu.

Untuk itulah IMMN mengirimkan surat ke pimpinan DPR untuk melakukan supervisi terhadap semua pekerjaan yang dilakukan Kepala Biro BMN dengan melakukan ijon dan monopoli pekerjaan di lingkungan kesekjenan DPR.

“Sering dan banyak bentuk pekerjaan ditemukan dengan cara penunjukkan langsung. Mereka melakukan semua itu tanpa melalui proses lelang sebagaimana ketentuan Perpres No 70 tahun 2012 dan Perpres No 5,” ujarnya.

“Ternyata hingga hari ini, pimpinan DPR RI tak juga memberikan klarifikasi.”

IMMN memperkirakan, untuk renovasi koridor di gedung DPR, bisa menelan dana mencapai Rp3,5 miliar per lantai. Karena untuk renovasi koridor di gedung Kesekjenan DPR, menggunakan marmer kualitas bagus.

kinoy jackson