Anggaran Asian Games 2018 Rp1,5 Triliun Diharap Cair Agustus

Senin, 5 Juni 2017

DEKANDIDAT.COM –  Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 mengharapkan anggaran Asian Games sebesar Rp1,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2017 dapat cair pada Agustus. Anggaran itu antara lain akan dipakai untuk persiapan pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 menyusul pendanaan bersifat multitahun.

“Semula kami mengajukan anggaran Asian Games sebesar Rp1,8 triliun yang akan masuk dalam APBN-P 2017. Tapi, pemerintah menyetujui Rp1,5 triliun,” kata Ketua INASGOC Erick Thohir di Jakarta di sela-sela buka puasa bersama wartawan, Minggu (5/6).

Menurut Erick, anggaran Rp1,5 triliun itu juga akan dipakai untuk persiapan penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games untuk 10 cabang olahraga pada November 2017 hingga Maret 2018.

“Kami sudah menggunakan anggaran sebelumnya yaitu dari anggaran Rp500 miliar untuk membayar uang pangkal gelanggang-gelanggang olahraga yang akan dipakai untuk kejuaraan uji coba,” jelas Erick.

Meksipun mendapatkan dukungan anggaran dari negara, INASGOC juga masih membutuhkan tambahan dana dari pihak swasta sebesar Rp1 triliun-Rp1,5 triliun untuk pelaksanaan Asian Games. “Kebutuhan penyelenggaraan Asian Games 2018 sebenarnya mencapai lebih dari Rp5 triliun. Tapi, dukungan dari pihak swasta belum kami lakukan karena masih menunggu pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) yang melekat pada INASGOC,” tutur Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ini.

Ia mengklaim sejumlah perusahaan swasta telah berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan INASGOC dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. “Kami belum dapat mengumumkan nama-nama pihak swasta itu karena masih menunggu BLU,” kata Erick.

Muhajirin