Menpora Ajak Kaum Muda Sumpah Setia pada Pancasila

Kamis, 1 Juni 2017

DEKANDIDAT.COM – Sehari menjelang diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, Menpora Imam Nahrawi bersama ratusan pemuda dari berbagai OKP, organisasi kemahasiswaan, dan organisasi pelajar di Tanah Air mengucapkan Sumpah Setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan NKRI, Rabu (31/5) siang, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

“Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni adalah milik kita semua. Milik bangsa Indonesia, dan milik pemuda Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya agar benar-benar dihayati dan diamalkan. Tantangan Pemuda hari ini tentu tidak semakin ringan,” kata Menpora.

“Akan tetapi justru berkembang menjadi semakin kompleks dan beragam. Tantangan yang perlu kita hadapi bersama bahwa rongrongan terhadap NKRI tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam,” imbuhnya.

Politisi PKB ini mengatakan, pada peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, Kemenpora sesuai dengan Presiden Jokowi mengajak seluruh pemuda Indonesia menyatakan sikap kesetiaan terhadap pancasila, UUD 1945, dan NKRI.

Menpora mengajak pemuda Indonesia untuk menjadikan ketiganya sebagai bingkai perekat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Menpora.

Sementara itu, Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan, Sanusi, dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan diadakan kegiatan ini, diharapkan bisa terwujud banyak hal. Di antaranya pemahaman dan kesadaran di kalangan pemuda untuk bertekad tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia dalam wadah NKRI dari Sabang sampai Merauke berlandaskan Pancasila.

“Bisa juga terwujudnya pemahaman dan kesadaran serta kesepakatan di kalangan pemuda tentang cita-cita dan tujuan nasional yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dan terwujudnya pemahaman pemuda terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara atau ideologi bangsa yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan dijadikan sebagai penuntun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tukas Sanusi.

Selain pejabat dan karyawan Kemenpora, acara ini dihadiri oleh pimpinan OKP Tingkat Nasional, pimpinan Organisasi Kemahasiswaan Tingkat Nasional, serta pimpinan Organisasi Kepelajaran Tingkat Nasional.

kinoy jackson