2 Pecatur Indonesia Raih Norma IM

Pecatur Filipina Juarai 10th Japfa Festival 2017

Sabtu, 20 Mei 2017

DEKANDIDAT.COM – Pecatur Filipina, IM Pascua Haridas yang memiliki elo rating tertinggi (2437), tampil sebagai juara 10th Japfa Chess Festival 2017 yang berakhir Jumat (19/5) malam, di Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Dari 11 babak yang dimainkan, Haridas berhasil mengemas 7,5 Victory Point (VP). Di partai terakhir, dia dipaksa bermain imbang melawan juara bertahan asal Indonesia, FM Novendra Priasmoro.

Novendra yang hanya mengumpulkan 6,5 VP harus puas berada di posisi ketiga. Posisi kedua direbut pecatur Vietnam, IM Vo Thanh Ninh (7 VP) yang di partai terakhir mengalahkan pecatur muda Indonesia, FM Setyaki A Jodi.

Sementara itu, meskipun gagal menjadi juara, satu-satunya pecatur putri Indonesia, GMW Medina Warda Aulia, berhasil meraih norma International Master (IM), berkat keberhasilannya mengemas 7 VP dari 11 babak yang dipertandingkan.

Pecatur Indonesia lain yang berhasil meraih norma IM adalah FM Taher Yoseph Theolifus. Yoseph bahkan sudah meraih gelar master lebih cepat sehari dari Medina. Dia berhasil meraih 5,5 VP, syarat meraih norma IM, dari 9 babak yang dimainkan.

Meskipun pecatur Indonesia gagal menjadi juara, Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya, tetap merasa bangga.

“Walaupun pecatur kita tak menjadi juara, namun keberhasilan Medina dan Yoseph meraih norma IM, cukup membuat bangga PB Percasi. Seharusnya ada tiga pecatur kita yang mendapat norma IM. Namun ternyata Novendra belum berhasil,” ujar Eka.

Eka juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para pecatur asing yang telah bersedia meramaikan Japfa Chess Festival 2017.

“Saya juga merasa heran, pecatur India, IM Sagar Shah tak bersedih, walaupun dia banyak mengalami kekalahan di turnamen ini. Dia justru merasa senang dengan suasana yang ada di turnamen ini,” lanjuta Eka Putra Wirya.

Sementara itu Direktur Coorporate Affair PT Japfa, Rachmat Indrajaya berjanji akan terus membantu PB Percasi dengan mengadakan turnamen lagi di kesempatan mendatang.

“Japfa tak pernah bosan menggelar pertandingan catur. Kami bahagia jika pecatur Indonesia sukses di kancah internasional,” ungkap Indrajaya.

Melalui berbagai turnamen yang diselenggarakan oleh Japfa, diharapkan akan banyak lahir bibir pecatur berbakat dari daerah.

kinoy jackson