Japfa Chess Festival 2017

Percasi Prediksikan 3 Tahun Lagi Akan Lahir Grand Master Putra

Senin, 15 Mei 2017

DEKANDIDAT.COM – PB Percasi memprediksikan tiga tahun mendatang Indonesia akan memiliki pecatur putra bergelar grand master (GM), sebagai penerus GM Utut Adianto.

“Saat ini kita memang memiliki banyak bibit pecatur handal. Namun untuk melahirkan grand master putra, penerus GM Susanto Megaranto, sepertinya baru akan muncul tiga tahun mendatang,” demikian dikatakan Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putra Wirya di sela-sela pembukaan turnamen Japfa Chess Festival 2017, Senin (15/5) siang, di Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Dari lima pecatur Indonesia yang tampil di turnamen kali ini, dia memperkirakan ada tiga pecatur yang berpeluang paling besar meraih gelar grand master, yakni  Novendra Priasmoro, Yoseph Taher, dan Arif Abdul Azis.

“Mereka ini lah yang saat ini kelihatan paling berpeluang meraih gelar GM. Tapi diperlukan waktu sedikitnya tiga tahun lagi untuk menjadikan mereka sebagai grand master,” sergahnya.

Untuk bisa meraih gelar GM, para pecatur harus serius berlatih, sering melakukan try out, dan bisa membatasi diri dalam pergaulan.

“Kalau cuma latihan, tapi tanpa try out, percuma saja.”

Percasi juga berharap, para pecatur muda jangan sampai terganggu prestasinya karena terganggu oleh pergaulan, seperti terganggu oleh pacaran, dsb.

Oleh karena itu, para pecatur diminta menyadari hal tersebut.

Sementara itu, enam pecatur muda Indonesia yang tampil di turnamen ini adalah Medina Warda Aulia, Arif Abdul Hafiz, Jodi Setyaki, Yoseph Taher, Novendra Priasmoro, dan Surya Wahyudi.

Sedangkan pecatur asing yang akan ikut ambil bagian adalah Mitra Hejazipour asal Iran, IM Alina L’Ami (Rumania), IM Vo Than Ninh (Vietnam), IM Haridas Pascua (Filipna), dan IM Sagar Shah (India).

Mereka akan bertarung selama 11 babak, hingga 19 Mei mendatang.

Sementara itu Direktur Coorporate Affair PT JAPFA, Rachmat Indrajaya berharap dengan diadakannya tunamen semacam ini, bisa memacu para pecatur dari daerah untuk maju.

“Japfa berharap, dengan semakin seringnya diadakan turnamen catur di Tanah Air, nantinya kita bisa mendapatkan banyak bibit pecatur dari daerah,” tukasnya.

kinoy jackson