Pendukung Ahok/Djarot Tak Rela Suaranya Diberikan ke Agus/Sylvi

Sabtu, 11 Februari 2017

DEKANDIDAT.COM – Pemilih setia Ahok/Djarot menuding kubu Agus/Sylvi yang selama ini menyerang kandidatnya selama masa kampanye. Karenanya jika Ahok/Djarot tak lolos ke putaran kedua, mereka akan mengalihkan dukungan kepada pasangan Anies/Sandy.

Demikian salah satu temuan hasil survei dari Sinergi Data Indonesia (SDI) yang dirilis Sabtu (11/2) siang, di kantor SDI, Tebet, Jakarta Selatan.

“Posisi Anies/Sandi sangat diuntungkan pada Pilkada kali ini. Jika di putaran kedua mereka berhadapan dengan Ahok/Djarot, maka suara Agus/Sylvi akan dilimpahkan kepada mereka. Begitu juga kalau mereka berhadapan dengan Agus/Sylvi, suara pemilih Ahok/Djarot akan mendukung Anies/Sandi,” kata peneliti SDI, Imam Suherman.

Mengapa suara Ahok/Djarot mendukung Anies/Sandi? Para pemilih setia Ahok/Djarot menuding segala macam serangan yang saat ini ditujukan ke Ahok/Djarot, dilakukan oleh kubu Agus/Sylvi, karenanya mereka lebih rela menyumbangkan suaranya untuk memenangkan Anies/Sandi.

Jika dilakukan simulasi head to head antara Ahok/Djarot vs Agus/Sylvi, Ahok/Djarot meraih 37 persen, sementara Agus/Sylvi (28,83 persen). Limpahan suara Anies/Sandi beralih ke Agus/Sylvi sebanyak 9,66 persenn.

Jika Ahok/Djarot dihadapkan dengan Anies/Sandi, Ahok/Djarot unggul tipis, 35 persen berbading 30,83 persen. Limpahan terbanyak Agus/Sylvi beralih ke Anies/Sandi sebanyak 10,83 persen.

Sementara jika Agus/Sylvi dihadapkan dengan Anies/Sandi, Anies/Sandi (34 persen) mengungguli Agus/Sylvi (22,86 persen). Limpahan suara Ahok/Djarot masuk ke Anies/Sandi (14 persen).

SDI melakukan survei lapangan terhitung sejak 30 Januari – 5 Februari dengan menggunakan metode survei multistage random sampling yang melibatkan 600 responden dan margin error 4,08 persen.

Menurut SDI, jika pemilihan gubernur dilaksanakan hari ini, maka Basuki Tjahaya Purnama yang keluar sebagai pemenang dengan elektabilitas 33,83 persen suara, disusul Agus Harimurti Yudhoyono (19,33 persen), dan Anies Baswedan (17,67 persen).

“Namun dengan masih adanya 29,17 persen suara yang belum menentukan, ketiga pasangan ini masih berpeluang melaju ke putaran kedua,” tukasnya.

Sementara angka elektabilitas pasangan calon gubernur/wakil gubernur, Ahok/Djarot berada di posisi puncak dengan 34 persen, disusul Anies/Sandi (20 persen), dan Agus/Sylvi (19,17 persen).

kinoy jackson