Kemenpora Gelar Lokakarya Rencana Pembentukan Lalitbang Pemuda dan Olahraga

Kamis, 29 Desember 2016

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Lantai III Gedung Kemenpora, sekitar 40-an pejabat Kemenpora dari Eselon II sampai Eselon IV, Kamis (29/12) siang, mengikuti Lokakarya bertajuk ‘Pemantapan Kajian Lembaga Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Keolahragaan dan Kepemudaan dalam Persfektif Politik.

Menurut Staf Ahli Politik Kemenpora, Dr Yuni Poerwanti M.Pd, diselenggarakannya lokakarya ini berangkat dari rasa miris dirinya pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang hingga saat ini belum memiliki Lembaga Pelatihan dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang).

“Pada tahun 2003, ketika Kemenpora akan dihidupkan kembali (setelah dibubarkan oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), saya merasa miris karena Kemenpora tak memiliki Lembaga Penelitian dan Lembaga Litbang. Berangkat dari rasa miris dan prihatin itu, saya mengusulkan agar lembaga tersebut harus segera dibentuk. Namun usulannya tersebut tak direspon,” tandas Yuni saat memaparkan hasil penelitiannya.

Bahkan, lanjutnya, pada 2009 dan 2013 dia kembali mengusulkan keinginannya tersebut. Namun lagi-lagi, apa yang menjadi ambisinya masih belum mendapat tanggapan.

“Kini, saya kembali berharap pembentukan Lembaga pelatihan, dam Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) di Kemenpora bisa segera terwujud. Kalau Lalitbang di Kemenpora ada, saya sangat optimis prestasi atlet di bidang keolahragaan akan mengalami peningkatan pesat,” tukasnya.

Mengapa demikian? Karena apa yang dialami oleh para atlet, akan terus didata. Melalui data-data tersebut, Kemenpora bisa memperbaiki segala kekurangan yang selama ini terjadi, lanjut Yuni Poerwanti yang saat ini dipercaya sebagai Plt Sesmen Kemenpora.

Ditambahkan, Lembaga Pemusatan Latihan bagi pemuda dan olahraga sangat penting.

“Riset-riset bidang kepemudaan dan keolahragaan perlu dilembagakan dan mendukung kemajuan pemuda,” sergahnya.

Ditegaskan, Lokakarya dalam upaya pembentukan Lalitbang Kemenpora mendapat dukungan penuh dari Menpora Imam Nahrawi.

“Pak Menteri sangat mendukung Lokakarya ini. Beliau berharap nantinya melalui Lalitbang, Kemenpora akan memperoleh hasil maksimal di bidang Kepemudaan dan keolahragaan,” imbuhnnya.

“Kita juga tak bisa menduga jika suatu saat nanti Kemenpora akan menjadi Kementerian Pemuda dan Kementerian Olahraga.”

Dari kaca-matanya Yuni menilai, Lalitbang Pemuda dan Olahraga sebagai langkah strategis bagi Kemenpora dalam menghadapi perubahan yang bersifat nasional dan global.

“Pembentukan Lalitbang Pemuda dan Olahraga diperlukan sebagai wadah nasional untuk mengikat sinergitas seluruh kementerian/lembaga (K/L) yang menyangkut program pemuda dan olahraga,” tegasnya.

kinoy jackson