Pecatur Indonesia Berpeluang Juarai Japfa Internasional Masters

Senin, 12 Desember 2016

DEKANDIDAT.COM – Pecatur Indonesia berpeluang menjuarai Turnamen Japfa International Masters (IM) 2016, setelah hingga babak ke-9, FM Novendra Priasmoro dan FM Yoseph Taher masih bercokol sebagai pimpinan klasemen sementara, Sabtu (10/12) kemarin, di Hotel Novotel, Jakarta.

Di babal ke-9, Yoseph bermain imbang lawan pecatur Myanmar IM Oo Kyaw Nay Tun dan Novendra bermain remis lawan rekan senegara, IM Tirta Chandra Purnama. Baik Novendra maupun Yoseph, sama-sama mengumpulkan enam poin.

Posisi ketiga ditempati atlet Vietnam, IM The Duong Anh setelah mengumpulkan 5,5 poin.

“Dari sekian banyak pecatur lokal yang mampu mengejar target di perhelatan ini adalah Yoseph dan Novendra. Keduanya selalu tampil konsisten di setiap laga. Mereka harus menjaga peluang hingga akhir turnamen di babak akhir,” ujar Kabid Binpres PB Percasi, Kristianus Liem, usai pertandingan.

Pada kategori Women International Master (WIM), para pecatur Indonesia juga sukses menempati puncak klasemen. Posisi pertama ditempati WFM Ummi Fisabililah yang mampu mengumpulkan 6,5 poin. Dia unggul setengah poin dari pecatur Filipina WIM Jodilyn Fronda Jan yang berda di urutan kedua. Untuk posisi ketiga dihuni WFM Vina Lestari Baiq dengan koleksi 5,5 poin.

Sementara pecatur asal Semarang WIM Shanti Nur Abidah masih terseok-seok di peringkat kesepuluh dari 12 peserta yang ambil bagian. Hingga ronde kesembilan, Shanti baru mengemas 3,5 poin.

Selain peserta Indonesia sebagai tuan rumah, turnamen tingkat internasional ini juga diramaikan pecatur dari berbagai negara. Mereka berasal dari Vietnam, Australia, Myanmar, Rumania, Filipina dan Malaysia.

kinoy jackson