Novendra Juarai Japfa Internasional Masters

Senin, 12 Desember 2016

DEKANDIDAT.COM – Ambisi Priasmoro Novendra menjuarai turnamen catur Japfa Internasional Masters akhirnya terwujud menyusul hasil remis yang diraihnya saat berhadapan dengan pecatur Vietnam, Hoang Bao Tram di babak ke-11 atau babak terakhir, Minggu (11/12) malam, di Hotel Novotel, Jakarta.

Mengawali permainan dengan pembukaan veresof Novendra yang memegang buah putih langsung menggebrak lewat sayap kanan. Melalui manuver cukup jitu tampaknya memiliki perhitungan sendiri untuk membagi angka setengah-setengah atau bermain remis.

Perhitungan bermain aman muncul saat memasuki langka 42 ketika raja hitam pecatur asal Vietnam sulit dirobohkan. Melalui perhitungan yang matang akhirnya memutuskan bermain remis dilangkah 44.

Dengan hasil remis Novendra mengumpulkan nilai 7 VP untuk tampil sebagai juara. Hal itu pula membuat Novendra meraih dwi sukses yaitu sukses menyandang gelar MI dan berhak meraih juara dalam Tournament JAPFA Chess 2016.

“Dalam pertandingan terakhir saya memilih bermain aman. Dengan main remis lawan pecatur Vietnam sudah meraih juara untuk apalagi ngotot jadi pemenang,” jelas Novendra.

Pasalnya dalam pertandingan lainnya yang menjadi rival terdekatnya yaitu Yisep Taher kalah atas Setyaki Azarya juga dari Indonesia. Atas kekalahan itu Yosep bertahan dengan nilai total 6,5 VP dan menempati posisi dua. Posisi tiga diambil Setyaki kalah nilai solkof atas Yosep, meski sama mengumpulkan nilai 6,5 VP.

“Kami bersyukur kerjasama dengan PB Percasi yang ke 16 ini langsung melahirkan atlet MI termuda yaitu Novendra. Bakan sekaligus 3 pecatur muda nasional dalam pertandingan babak sembilan hingga 11 mampu meraih gelar norma yang diambil Novendra, Yosep dan Setyaki Azarya,” jelas Direktur Humas JAPFA Rahmat Indrajaya seusai penutupan JAPFA Turnament.*

kinoy jackson