Wong Cilik dan Pemilih Pemula Jagokan Agus/Sylvi

Selasa, 4 Oktober 2016

DEKANDIDAT.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni merupakan kuda hitam yang patut diwaspadai pada Pilkada DKI 2017. Pasangan ini mampu mengalahkan pasangan petahana Ahok/Djarot untuk pemilih wong cilik dan pemilih pemula.

Hal demikian dikatakan peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat melansir survei terkini lembaga surveinya, Selasa (4/10) siang, di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Mereka ini (Agus/Sylvi) belum berbuat apa-apa lho. Tapi elektabilitasnya luar biasa, 19,3 persen. Bandingkan dengan Anis/Sandy yang sudah terus bergerilya tapi hanya meraih 21,1 persen,” kata Adjie.

Berdasarkan survei LSI Denny JA yang dilakukan pada 26-30 September 2016 dengan metode multistage random sampling dengan melibatkan 440 orang responden melalui wawancara tatap muka menggunakan kuisioner, pasangan Agus/Sylvi meraih 21,9 persen suara untuk pemilih wong cilik atau publik yang gajinya di bawah Rp999 ribu per bulan.

“Agus/Sylvi mengungguli Ahok/Djarot (18,8 persen) dan Anis/Sandy (15,6 persen). Ini sungguh mengejutkan. Bukan mustahil elektabilitas pasangan ini terus meningkat di masa kampanye,” sergahnya.

Pasangan Agus/Sylvi juga mampu mengalahkan Ahok/Djarot dan Anis/Sandy di kalangan pemilih berusia 19 tahun ke bawah.

Survei yang Margin of error survei kurang lebih 4,8 persen itu menyebutkan, di kalangan pemilih ini, pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat, PAN, PPP, dan PKB meraih 33,80 persen suara.

“Sementara Ahok/Djarot meraih 27,80 persen suara dan Anis/Sandy mendapat 30,80 persen suara.”

Namun khusus untuk pemilih yang pernah kuliah, pemenangnya adalah Anis/Sandy. Pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS ini merebut 31,2 persen suara, disusul Ahok Djarot (26,0 persen) dan Agus/Sylvi (19,5 persen).

kinoy jackson