Menpora Lepas Timnas U-15 ke Asian Schools Football Championship

Senin, 19 September 2016

DEKANDIDAT.COM – Menpora Imam Nahrawi, Senin (19/9) siang, melepas Timnas U-15 yang akan berlaga di ajang Asian Schools Football Championship U-15, 20 September – 1 Oktober 2016, di Shah Alam, Malaysia.

“Targetnya pasti juara. Itu akan memberikan kepercayaan diri dan kegembiraan diri karena timnas U-19 belum memberikannya. Tapi yang terpenting adalah kerja keras, tekad dan doa,” kata Menpora di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Di turnamen ini, Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Brunei Darussalam, dan Malaysia B, sementara Grup B terdiri atas Malaysia A, Hong Kong, Sri Langka, dan China.

Menurut politisi PKB ini, banyaknya event atau kompetisi untuk usia dini merupakan salah satu upaya terpenting dalam rangka melakukan pembinaan yang berjenjang.

“Apalagi pada tahun ini timnas Indonesia belum berhasil menjadi juara, meski sambil menunggu hasil timnas senior berlaga di Piala AFF 2016 di Filipina.”

“Kalau mereka bisa, artinya ini untuk mengisi kekosongan juara dan semoga mereka bisa jadi juara. Ke depan semoga ini jadi persiapan untuk menghadapi single event lain baik di Asia maupun dunia,” imbuhnya.

“Ini kesempatan bagi federasi karena perhatian sudah ada perhatian, terlebih di 2017 kami akan lebih serius menggali potensi anak-anak muda.”

Menpora mengaku bangga bisa berhadapan langsung dengan anak-anak yang akan berangkat ke Malaysia.

Menurut Menpora ajang ini penting untuk menyiapkan para pemain yang akan bergabung di timnas senior.

“Ini semua proses panjang yang kalian mulai sebagai calon pesepakbola handal. Tidak mudah menjadi bagian timnas. Ini sejarah yang luar biasa bagi kalian yang mau masuk timnas,” tambah Imam.

Tim ini terdiri dari para anak asuh tim sekolah sepakbola seluruh Indonesia. Tim ini dilatih oleh Deni Syamsudin.

Sementara itu Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, menjelaskan bahwa 20 pemain di skuat timnas U-15 ini merupakan hasil seleksi sejak beberapa waktu lalu.

Dengan persiapan cukup lama, dia berharap timnas U-15 bisa merebut gelar juara yang terakhir kalinya diraih saat 2011 lalu.

“Kami sudah melakukan seleksi dan persiapan di Makassar. Selama di sana, anak-anak digembleng kesehatan, tes fisik dan strategi yang disiapkan pelatih. Semoga anak-anak ini bisa mencapai final sebelum menjadi juara,” jelas Isnanta.

kinoy jackson