Turnamen Sepakbola U-12 dan U-14 Semarakan Haornas 2016

Rabu, 7 September 2016

JAKARTA – Sebanyak 32 Tim U-12 dan 34 Tim U-14 akan bertarung di putaran final turnamen sepakbola memperebutkan Piala Menpora sebagai bagian dari Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2016, 9 September, di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Panitia nasional sudah bergerak ke Sidoarjo. Pernak-pernik sudah kami siapkan untuk memeriahkan Haornas,” kata Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, R Isnanta, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, yang mnginisiasi event ini.

Sebelumnya, Tim U-16 sudah memulai putaran delapan ‎besar, demikian juga dengan Tim Liga Mahasiswa.

Pada Haornas kali ini ada gelaran turnamen usia muda yang diputar dan melibatkan seluruh tim dari 34 provinsi di Indonesia. Pertandingan itu mulai dari kelompok umur (KU) di bawah 10 tahun.

Selain itu, ada U-12, U-14, U-16 dan Liga Mahasiswa yang rata-rata berusia dibawah 20 tahun atau U-20.

“Memang puncak Haornas di Sidoarjo. Tapi untuk sepakbola di kelompok umur juga digelar di Kediri dan Malang, khusus liga mahasiswa memang belum banyak karena belum semua provinsi mengirimkan wakilnya,”

Deputi III Kemenpora memiliki konsen dalam pembudayaan olah‎raga. Karena itu, sesuai instruksi Menpora Imam Nahrawi, tanggung jawab pembinaan usia muda dijalankan oleh mereka.

Menurut Isnanta turnamen usia muda ini, tak akan menjadi ajang setahun digelar lalu mati. Kemenpora berusaha membuat turnaman pembinaan ‎usia muda kontinyu setiap tahun.

‎”Sesuai pesan Pak Menteri, pembinaan ini harus berkesinambungan,” tegasnya.

kinoy jackson