Manpora Minta Pemain Asing Tanpa Kitas Tak Dimainkan di ISC 2016

Minggu, 4 September 2016

DEKANDIDAT.COM – Menpora Imam Nahrawi meminta PT Gelora Trisula Semesta selaku operator kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 tak memainkan seluruh pemain asing yang belum memiliki
Kartu Izin Tinggal Sementara/Terbatas (Kitas). Demikian dikatakan Menpora saat meninjau Proyek Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9) siang.

“Kemenpora akan meminta PT GTS tak memainkan pemain asing yang tak memiliki Kitas,” ujar Imam Nahrawi kepada puluhan wartawan yang menyertainya dari Jakarta.

Hal itu terkait adanya temuan adanya 81 pemain asing dari 11 klub peserta ISC A yang tidak memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara/Terbatas (Kitas). Temuan tersebut diungkapkan oleh LSM olahraga Save Our Soccer (SOS).

“Kalau persoalan Kitas ini tak bisa diselesaikan, bagaimana kalau ISC 2016 kita bubarkan?” tanya politisi PKB tersebut dengan nada tak serius.

Menurutnya, sudah selayaknya setiap pemain menyesuaikan dengan izin yang ada. Kasus ini merupakan kelalaian operator, mengingat GTS seharusnya tegas terhadap klub dan mengingatkan secara keras.

“Dulu saya sudah minta ke Pak Joko Driyono (Direktur Utama PT GTS) untuk secara melaporkan pemain asing yang bermain kompetisi ISC ini. Saya waktu itu minta sebelum ISC berlangsung, bilangnya beres. Tapi ternyata ada temuan seperti ini, artinya pihak ada keteledoran dari pihak operator,” tambah Cak Imam.

“Yang pasti, siapapun pemain asing yang melanggar aturan harus dipulangkan ke negaranya. Ini aturan yang harus diikuti. Operator juga harus bertanggung jawab secara profesional,” tukasnya.

kinoy jackson