Silat Tak Berambisi Keruk Medali Emas di Asian Games 2018

Selasa, 30 Agustus 2016

DEKANDIDAT.COM – Kendati sebagai tuan rumah, PB IPSI tak berambisi merebut medali emas sebanyak-banyaknya di Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Tanah Air.

“Kami hanya menargetkan meraih 5 medali emas dari jumlah keseluruhan 20 medali emas,” kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB IPSI, Tamsil Rimsal.

Berbicara pada ‘Pembekalan Pewarta Olahraga dalam rangka Fasilitas Manajemen Even Olahraga Tahun 2016’, Selasa (30/8) di PP PON Cibubur, Tamsil menjelaskan, setiap negara memperoleh jatah mengikuti 16 nomor dari 20 nomor pertandingan secara keseluruhan.

“Dulu demi kepentingan memperkenalkan silat di ASEAN, sesepuh kita, Pak Eddie Nalapraya rela melepaskan banyak medali emas ke negara lain. Sekarang pun Pak Prabowo sebagai ketua umum PB IPSI, juga begitu,” tukasnya.

Ternyata cara yang ditempuh Pak Eddie Nalapraya membuahkan hasil. Silat akhirnya dipertandingkan di ASEAN Games.

“Dulu ada pesilat Indonesia yang disuruh mengalah di ASEAN Games, demi kemajuan perkembangan silat di dunia. Kini ketika silat untuk pertama kalinya dipertandingkan di Asian Games, Pak Prabowo hanya menargetkan kontingen Indonesia meraih 4 emas. Kata Pak Prabowo, Indonesia jangan banyak-banyak meraih emas,” ujarnya.

Namun, katanya, jangan kan disuruh mengalah, untuk meraih medali emas, para pesilat Indonesia harus berjuang susah-payah. Saat ini, saingan utama Indonesia adalah Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Ditambahkan, dengan kuota setiap negara hanya boleh mengikutsertakan pesilatnya di 14 nomor pertandingan, maka setiap negara yang mengirimkan pesilatnya memiliki peluang besar meraih medali.

“Dengan persiapan matang yang kita lakukan, kemungkinan besar pesilat Indonesia meraih 5 medali emas sangat terbuka lebar. Kalau pun meleset, lebih kurangnya berkisar 1 atau dua medali saja.”

kinoy jackson