Kemenpora Siapkan Bonus Rp5 Miliar untuk Peraih Emas Olimpiade Rio 2016

Selasa, 2 Agustus 2016

DEKANDIDAT.COM – Meskipun dengan anggaran terbatas, Kemenpora siap memberikan bonus Rp5 miliar untuk atlet peraih medali emas di Olimpiade Rio 2016 yang akan berlangsung 5-21 Agustus.

“Kondisi keuangan kita memang terbatas. Namun dengan dukungan Presiden Jokow, kita mengapresiasi para atlet yang akan tampil di Olimpiade Rio 2016, Brasil. Pemerintah telah menyiapkan dana Rp5 miliar untuk peraih medali emas, Rp2 miliar untuk peraih medali perak, dan Rp1 miliar untuk peraih medali perunggu,” tukas Menpora Imam nahrawi, Selasa (2/8) siang, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Dia juga menjabarkan, biaya untuk memberangkatkan seluruh kontingen Indonesia ke Olimpiade Rio 2016 mencapai angka Rp35 miliar.

“Hingga kinia kita sudah memberikan 70 persennya. Nanti bila laporannya telah selesai, kita akan menggenapinya melalui KOI,” tegas Cak Imam.

Ditambahkan, sebagi wujud kepeduliannya terhadap para atlet, pemerintah memberangkatkan mereka dengan pesawat di kelas bisnis. Selama ini para atlet yang berangkat ke luar negeri hanya diberikan jatah kursi ekonomi.

“Kursi kelas bisnis hanya untuk atlet. Para pelatih dan ofisial masih duduk di kelas ekonomi,” imbuhnya.

Kepada para atlet, politisi PKB ini berpesan kepada para atlet agar tak menjadikan bonus sebagai tujuan utama perjuangan mereka di Olimpiade Rio 2016.

“Saya berharap seluruh atlet tidak menjadikan bonus sebagai tujuan utama. Yang harus tertanam di diri mereka adalah sejarah yang ditorehkan untuk bangsa Indonesia dengan raihan medali.”

“Semua atlet dan ofisial yang akan bertanding ke Olimpiade Rio di Brasil telah siap bertanding siap untuk membawa sejarah baru bagi tradisi juara Indonesia dan beberapa persiapan, pemerintah memberikan perhatian sangat serius diantaranya semua atlet diberangkatkan dengan pesawat bisnis, uang saku dan peralatan telah siap,” kata Menpora.

Menpora juga mengatakan, dia telah meminta kepada pimpinan rombongan untuk segera memastikan semua hal terkait penyelenggaran Olimpiade Rio 2016 sebelum even tersebut dilaksanakan.

Untuk Olimpiade Rio 2016, Indonesia akan diperkuat 28 atlet, yakni atletik (2 atlet), angkat besi (7), panahan (4), bulutangkis (10), rowing (2), balap sepeda (1) dan renang (2).

Dari jumlah tersebut, 25 atlet lolos melalui babak kualifikasi, sedangkan tiga atlet lainnya tampil dengan fasilitas wild card yakni 1 (atletik) dan 2 atlet (renang).

kinoy jackson