ASEAN School Games 2016 Thailand

Kontingen Indonesia Diharapkan Mampu Pertahankan Gelar Juara Umum

Kamis, 21 Juli 2016

DEKANDIDAT.COM – Meskipun tanpa menjalani pelatnas dan melakukan persiapan yang matang, Menpora berharap kontingen Indonesia bisa mempertahankan gelar juara umum di ajang ASEAN School Games 2016 (ASG), 21-29 Juli ini, di Chiangmai, Thailand.

“Berbekal pengalaman, kita optimis bisa menjadi yang terbaik di ASG, meskipun tanpa pelatnas dan persiapan yang matang,” ujar Menpora Imam Nahrawi saat melepas para pelajar yang akan bertarung di ASG 2016.

Dia meyakini, dalam kondisi tersedut dan serba kekurangan, semangat para atltet Indonesia akan muncul, sehingga mampu berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.

“Saya optimis dan yakin di lapangan akan ada sejarah yang akan kalian ukir untuk Indonesia. Kita pastikan kita lebih bisa dari negara lain demi Merah-Putih. Kami mohon doa restu kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mereka kembali ke tanah air dengan juara umum,” ucap Cak Imam yang saat itu didampingi oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S Dewa Broto, di Teater Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.

Politisi PKB ini berpesan kepada semua atlet menguatkan hatinya selagi bertanding. Dia juga mengingatkan agar para atlet menjadikan ASG untuk ajang mencari sahabat.

“Carilah sahabat sebanyak-banyaknya di sana dan dengan negara Asean lainnya karena mereka nantinya akan menjadi partner kita, sampaikan kepada mereka di tahun 2018 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games di Jakarta dan Palembang, kita akan siap menyambut mereka,” pesan pria kelahiran Bangkalan, Madura ini.

Menyinggung soal bonus, Menpora menegaskan bahwa pemerintah tak menyediakan bonus untuk kontingen ASG, sekalipun mereka nantinya bisa menjadi juara umum seperti yang diraih pada 2015 lalu di Brunei Darussalam.

“Prestasi yang mereka raih masih level pelajar sehingga biarlah itu menjadi prestasi dan semangat sendiri untuk disampaikan kepada teman-teman sejawatnya bahwa diusia mereka telah menjadi juara di level ASEAN,” ujarnya.

Tahun ini kontingen Indonesia diperkuat 179 atlet muda, 35 pelatih, 5 wasit, 11 manajer, 35 ofisial serta mengikuti 11 cabor yang akan dipertandingkan, yakni atletik, tenis, futsal, renang, basket, bulutangkis, sepak takraw, golf, senam, voli, dan tenis meja.

ASG 2016 diikuti oleh 9 negara ASEAN yakni, Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Pilipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

kinoy jackson