Atlet Disabilitas Indonesia Punya Potensi Besar Berprestasi di Dunia

Kamis, 30 Juni 2016

DEKANDIDAT.COM – Dengan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai lebih dari 250 juta jiwa, atlet disabilitas intelekektual Indonesia memiliki potensi besar berprestasi di ajang internasional.

Hal demikian dikatakan Founder & CEO Bali Sport Foundation, Rodney Folt, saat menghadiri pengukuhan Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (SOIna), Kamis (30/6) siang, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Dengan jumlah penduduk Indonesia yang lumayan banyak, 250 juta orang, atlet SOIna Indonesia sangat berpeluang berprestasi di ajang internasional,” kata Rodney yang dipercaya sebagai partnership oleh PP SOIna Periode 2015-2019.

Hanya saja, dia mengakui sangat banyak kendala yang harus dihadapi oleh para atlet SOIna untuk bisa berprestasi di kancah internasional.

“Kendala yang dihadapi oleh para atlet SOIna Indonesia adalah masalah pendanaan, pelatih, fasilitas, dan masih banyak lagi,” ujarnya pri bule asal Australia ini menambahkan.

Namun dia meyakini, dengan penuh kesabaran, atlet-atlet SOIna Indonesia bisa menunjukkan kualitasnya.

“Seperti ketika pertama saya mendirikan Yayasan Damai Olahraga Bali Sport Foundation di Bali, masyarakat setempat menanyakan mengapa saya memfokuskan pada olahraga. Akhirnya saya jelaskan secara jelas mengapa saya mendirikan yayasan olahraga. Kini, saya sukses menangani 16 cabang olahraga untuk atlet disabilitas di Bali,” ujarnya dengan wajah ceria.

Sebelumnya Ketua Umum PP SOIna, Prof Faisal Abdullah mengakui bahwa mereka sangat kekurangan dana dalam menangani atlet disabilitas di Tanah Air.

“Kalau ditanya kurang, pendanaan kita sangat kurang. Tapi kita masih bersyukur karena mendapat bantuan dari NGO serta para sponsor. Namun mereka tidak memberi kita dalam bentuk dana. Mereka membantu kita dalam hal fasilitas, dsb,” jelas Faisal.

Faisal mengaku bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Rodney Holt yang telah bersedia membantu menangani atlet SOIna secara cuma-cuma.

kinoy jackson