LSI: Meskipun Sangat Perkasa, Ada 3 Hal yang Bisa Kalahkan Ahok

Selasa, 28 Juni 2016

DEKANDIDAT.COM – Kalau Pilgub DKI Jakarta diadakan hari ini, maka Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) tak akan tertandingi. Dia hanya bisa dikalahkan oleh golput, kampanye hitam, dan lawan yang seimbang.

Demikian survei terkini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dilansir Selasa (28/6), di kantor LSI, Gedung Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur.

“Kalau Pilgub DKI Jakarta diadakan hari ini, Ahok pasti menang telak dari lawan-lawannya. Hanya tiga hal yang bisa menggagalkan Ahok jadi gubernur lagi, yakni lawan yang seimbang, golput, dan kampanye hitam,” kata peneliti senior LSI, Adji alfaraby, saat melansir hasil survei terkini LSI Network.

Adji menjabarkan, dari sekian banyak calon lawan yang bakal dihadapinya, hanya Yusril Ihza Mahendra dan Tri Rismaharini yang elektabilitasnya berada di posisi kedua dan ketiga.

“Namun elektabilitas Ahok yang mencapai 42 persen, sulit dikejar oleh Yusril dan Risma yang elektabilitasnya di bawah dua digit,” imbuhnya.

Dalam kondisi seperti ini, LSI menyebutkan, hanya calon yang memiliki kualitas seimbang yang dapat menandinginya. Artinya, hanya seorang kepala daerah yang sudah teruji dan terbukti kemampuannya yang bisa menantang Ahok secara ketat.

“Hal lain yang bisa mengalahkan Ahok adalah suara golput. Ini bisa terjadi jika suara yang selama ini mendukung Ahok, ternyata tidak datang ke TPS saat pemungutan suara. Karenanya Ahok harus pintar-pintar mengajak pendukungnya datang ke TPS,” tukasnya.

Selain itu, LSI juga melihat, kampanye hitam yang belakangan ini terus dilakukan lawan-lawannya, sedikit banyaknya bisa membuat bimbang pendukung Ahok.

“Ketiga hal ini harus diwaspadai oleh Ahok. Jangan sampai elektabilitas yang sudah demikian tinggi akhirnya tergerus secara perlahan oleh ketiga hal tersebut,” ujarnya mengingatkan.

Survei LSI tersebut diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 26 Juni 2016 dengan metoda multistage random sampling. Jumlah responden adalah sebanyak 440 orang. Wawancara dilakukan dengan dengan tatap muka dan dengan menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 4,8.

kinoy jackson