Elektabilitas Sandiaga Uno Tertinggal Jauh dari Ahok

Selasa, 28 Juni 2016

DEKANDIDAT.COM – Meskipun gencar melakukan pendekatan ke sejumlah wilayah, namun berdasarkan hasil survei terbaru LSI Denny JA, elektabilitas Sandiaga Uno, masih tertinggal jauh dari Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

“Sandiaga Uno yang belakangan ini gencar melakukan pendekatan ke sejumlah wilayah, ternyata elektabilitasnya masih jauh tertinggal dari Ahok. Kader Partai Gerindra itu hanya memiliki elektabilitas 3,6 persen. Sementara Ahok 42,7 persen,” keta peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, Selasa (28/6) petang, di Jakarta.

Dari sekian banyak calon lawan Ahok, hanya Yusril Ihza Mahendra (8,2 persen) dan Tri Rismaharini (5,2 persen) yang posisinya berada di kedua dan ketiga. Jagoan Partai Gerindra lainnya, Sjafrie Suamsoedin yang digadang-gadang bakal menjadi calon gubernur, justru elektablitasnya hanya 1,2 persen.

Adjie menambahkan, tingginya elektabilitas Ahok disebabkan karena publik telah merasakan hasil kinerja yang dilakukan mantan bupati Belitung Timur ini selama menjadi gubernur Jakarta.

“Publik menilai hasil kerja Ahok positif, karenanya mereka mendukung yang bersangkutan untuk memenangkan Pilgub DKI Jakarta tahun depan,” tukasnya.

Yang paling mencolok, dukungan Ahok datang dari kalangan perempuan.

“Selain kinerjanya yang dinilai positif, penampilan Ahok banyak disukai kaum perempuan. Biasanya, sekali mendukung, kaum perempuan akan terus mendukung jagoannya,” tandas Adjie.

Survei LSI diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 26 Juni 2016 dengan metoda multistage random sampling. Jumlah responden adalah sebanyak 440 orang. Wawancara dilakukan dengan dengan tatap muka dan dengan menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar 4,8.

kinoy jackson