Menpora Luncurkan Alat Medik Baru Senilai Rp13,7 Miliar untuk RSON Cibubur

Kamis, 2 Juni 2016

DEKANDIDAT.COM – Menpora Imam Nahrawi, Kamis (2/6) pagi, meresmikan penggunaan 25 alat medik dan sport science baru senilai Rp13,7 miliar untuk Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON), Cibubur, Jakarta Timur.

Dari 25 alat medik baru itu di antaranya adalah alat fisioterapi, yaitu BMD (pengukur kepadatan tulang), CPET (pengukur VO2Max), Pedoscan (pemeriksa bentuk telapak kaki), dan C-Arm (alat pemeriksaan dengan fluroscopy saat operasi).

“Dengan adanya alat-alat medik baru ini, diharapkan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk atlet Indonesia. Selama ini, mereka harus menjalani perawatan tanpa mengandalkan sport sciene, sehingga tingkat kesembuhannya tidak maksimal,” tegas Menpora yang hadir didampingi oleh istri tercinta, Shobibah Rohmah.

Dengan adanya peralatan medik dan sport science yang semakin lengkap dimiliki oleh RSON, pihaknya akan menyusun regulasi mengenai kewajiban atlet nasional untuk menjalani serangkaian tes kesehatan maupun pemetaan performa di RSON.

“Satlak Prima (Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas) kami wajibkan untuk periksakan tes kesehatan dan tes sport science di RSON. Bukan karena fasilitas di tempat lain tidak lebih baik, tapi karena untuk pemanfaatan aset yang kita punya,” kata Imam.

Selain itu, Imam juga berkomitmen menambah pagu anggaran RSON. Bila saat ini, rumah sakit olahraga ketiga di dunia setelah Brasil dan Qatar itu hanya mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp3 miliar, ke depan, menurut Menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa itu, pagu anggarannya akan dinaikkan hingga Rp6 miliar.

Sementara itu Direktur RSON Basuki Supartono menambahkan, pihaknya sama sekali tak memungut biaya terhadap atlet nasional yang menjalani perawatan di RSON.

“Untuk atlet nasional, free. Sementara untuk pelatihnya, kita sedang mengupayakan agar mereka juga gratis,” tandasnya.

“Sejumlah peralatan sport science yang dimiliki oleh RSON sebelumnya, juga sudah dimanfaatkan oleh atlet nasional dan atlet daerah, khususnya dari DKI Jakarta untuk mengukur kemampuan mereka. Dengan penambahan alat ini, kami berharap pelayanan sport science akan semakin baik,” tukas Basuki.

Basuki mengungkapkan, RSON yang merupakan satu-satunya rumah sakit khusus olahraga di Asia, akan semakin menjadi rujukan bukan hanya di dalam negeri, tapi juga bagi negara Asia lain dengan kedatangan peralatan medik tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Belia dan Sukan Malaysia, menurut Basuki, juga mengapresiasi penanganan medik dan sport science yang dimiliki oleh RSON.

Dijabarkan, peralatan yang diterimanya sudah diverifikasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan sudah sesuai dengan dokumen kontrak pengadaan.

kinoy jackson