3 Juni, Menpora Kukuhkan 500 Satgas Pemuda Anti Narkoba di Gedung Sate

Selasa, 31 Mei 2016

DEKANDIDAT.COM – Bertempat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Menpora Imam Nahrawi, Jumat (3/6) sore, akan mengukuhkan 500 Kader Pemuda Anti Narkoba. Demikian dikatakan Asdep Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora, Mulyadi Adnan, Selasa (31/5) siang, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Setelah melalui berbagai tahapan, mulai dari perekrutan, tes urine, pelatihan, dll, sebanyak 500 pemuda pilihan yang nantinya akan dijadikan Satgas Pemuda Anti Narkoba, dikukuhkan oleh Menpora pada 3 Juni di Gedung Sate, Jawa Barat,” kata Mulyadi.

Dia menjabarkan, dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, Jawa Barat menjadi provinsi pertama yang melakukan pengukuhan kader. Selanjutnya menyusul Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Ketiga wilayah ini dijadikan sebagai proyek percontohan. Untuk tahun berikutnya, kita akan melanjutkan ke provinsi lain. Kami optimis pada 2019, seluruh provinsi di Tanah Air telah memiliki Satgas Pemuda Anti Narkoba,” imbuhnya.

Untuk keperluan mengukuhkan 1.500 Satgas Pemuda Anti Narkoba di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, Kemenpora telah mengalokasikan dana Rp21 miliar.

“Yang terbanyak adalah untuk pelatihan, yakni Rp3,5 miliar per porvinsi,” tukas Staf Ahli Menpora Bidang Kepemudaan, Zainul Munasichin.

“Kalau nantinya semua provinsi telah dikukuhkan, maka Indonesia akan memiliki 39.000 kader Pemuda Anti Narkoba. Dengan jumlah sebanyak ini, Indonesia bisa membebaskan diri dari jeratan narkoba,” tegasnya.

Untuk membentuk Satgas Pemuda Anti Narkoba ini, Kemenpora melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN), Konsultan Bidang SDM, dll.

Satgas Pemuda Anti Narkoba ini, merupakan salah satu program unggulan dari Kemenpora.

kinoy jackson