Peringati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Menpora Beri Kebebasan Kaum Muda Berimprovisasi dan Berinovasi

Kamis, 19 Mei 2016

DEKANDIDAT.COM – Menpora Imam Nahrawi meminta kaum muda diberi ruang gerak yang luas untuk berimprovisasi dan berinovasi dalam memberi makna bagi sejarah diri, keluarga dan masa depan.

Hal demikian dikatakan Menpora pada acara Ngobrol Bareng Menpora RI bertakuk ‘Pemuda Bergerak Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2016 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarat, Kamis (19/5) pagi.

Iman Nahrawi yang selama ini selalu diundang sebagai pembicara tamu, kali ini didaulat untuk menjadi host atau pembawa acara.

Adapun pembicara yang tampil pada acara tersebut adalah Enda Nasution (aktivis media sosial dan pendiri Sebangsa.com), Gamal Alibinsaid (pendiri Bank dan Asuransi Sampah di Malang), Abdul Wahab (aktivis dakwah Idlam Ramah Papua), dan Tricia Sumarijanto (conductor House of Angklung di Amerika Serikat).

Pada kesempatan ini, politisi PKB ini mengingatkan bahwa pemuda Indonesia tidak boleh menjadi penonton.

“Sejarah perjalanan bangsa telah menunjukkan bahwa pemuda selalu memainkan peran penting yang menenukan arah perjuangan bangsa,” tandasnya.

Menpora sangat bergembira sekali menyusul munculnya begitu banyak komunitas anak-anak muda yang peduli dan mau melakukan aksi nyata bagi lingkungan di sekitarnya.

“Tapi tantangan kita kedepan adalah bagaimana menyatukan langkah-langkah kecil ini menjadi satu langkah besar yang membuat para pemuda Indonesia bersatu untuk Indonesia yang lebih baik, ” ujarnya.

Menurutnya, pemuda Indonesia saat ini adalah sosok yang tidak boleh menunggu. Pemuda diminta selalu bergerak dan berinisiatif melakukan perubahan untuk lingkungannya dan Indonesia yang lebih baik.

“Saat ini ada sekitar 62 juta anak muda Indonesia di seluruh Indonesia. Jumlah ini sangat besar dan potensial. Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah rumah dari anak-anak muda Indonesia, mari kita bergerak dan berjuang bersama,” pintanya.

Pada kesempatan ini hadir sejumlah pejabat Kemenpora, Komunitas Historia Indonesia, Kompasiana, Komunitas Akademi Berbagi, Komunitas Siswa Wirausaha, Komunitas AgroEdu Jampang, Komunitas Blood for Life Harapan, Komunitas Rumah Harapan, Komunitas Greenneration, Komunitas Three Little Angel, Komunitas anakmuda.net, Komunitas Sabang Merauke, Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Komunitas KitaBisa, Komunitas Taman Bacaan Anak Lebah, Komunitas Jong Indonesia, Komunitas Humanity Force, Citizen Liputan6, dan GoodNewsFromIndonesia.org.

kinoy jackson