Kemenpora Tak Menduga Atlet Indonesia Juarai Olahraga Ekstrim di Prancis

Jumat, 13 Mei 2016

DEKANDIDAT.COM – Meskipun saat belajar tanpa difasilitasi pemerintah, dua atlet olahraga ekstrim Indonesia, Sanggoe Darma Tanjung dan Botay sukses meraih dua medali emas di Festival International des Sports Extremes (FISE) Sport Series 2016, 2-8 Mei lalu, di Montpellier, Prancis.

“Kami sangat bangga dengan prestasi Sanggoe Darma dkk. Mereka berangkat tanpa target, ternyata kembali ke Tanah Air dengan prestasi melebihi target,” kata Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, Jumat (13/5) siang, di Media Center Kemenpora, Jakarta.

Komentar senada juga dilontarkan Staf Khusus Menpora Bidang Olahraga, Khusen Yusuf.

“Saat memberangkatkan mereka ke Prancis, saya tak menduga mereka bakal mengharumkan nama bangsa dan negara. Prestasi mereka patut diparesiasi,” ujar Khusen singkat.

Seperti diberitakan, Botay (Januar Susanto), berhasil menjuarai nomor BMX Flatland kelas master. Di final dia memperoleh 87,67 poin, omeenyingkirkan atlet andalan Prancis, Spanyol, dan Italia.

Sementara Sanggoe Darma Tandjung sukses menjuarai kelas skateboarding amatir.

“Awalnya saya sangat grogi ketika tampil. Selain karena arenanya yang megah, penontonnya juga ribuan orang. Karenanya saya tak menduga ketika tampil sebagai juara,” kata Botai kepada wartawan.

Hal senada dikatakan Sanggoe Darma. Dia mengaku grogi sekali. Apalagi usianya masih 14 tahun, sementara lawan-lawannya usianya jauh di atasnya.

“Saya grogi banget liat penontonnya yang banyak sekali. pelan-pelan saya berusaha menghilangkan rasa grogi. Akhirnya saya berhasil menjadi juara,” tukasnya.

Untuk menghadapi kejuaraan mendatang, dia akan belajar lagi.

“Meskipun sukses menjadi juara di Prancis, kita tak boleh sombong. Kita harus belajar terus,” tegasnya.

Untuk lebih meningkatkan prestasi atlet khusus untuk cabang olahraga ekstrim, Deputi III Kemenpora akan mengadakan Kejurnas olahraga ekstrim di Serang, Banten, 28 September – 2 Oktober mendatang.

kinoy jackson