Melenceng dari Rencana, Menpora Ancam Cabut Izin ISC 2016

Kamis, 28 April 2016

DEKANDIDAT.COM – Menpora Imam Nahrawi mengancam akan mencabut rekomendasi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, jika pelaksanaan event tersebut sengaja diselewengkan.

“Pemerintah tidak akan segan-segan mencabut rekomendasi ISC 2016, jika ada penyelewengan regulasi di pertengahan jalan,” kata Menpora Imam Nahrawi, Kamis (28/4) siang, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Seperti diberitakan, ISC 2016 akan mulai digulirkan pada 29 April di Stadion Mandala Krida, Papua. Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka secara resmi.

“ISC ini sudah mendapat restu dari pemerintah, karena itu PT GTS dan klub harus menggunakan kepercayaan yang diberikan pemerintah dengan komitmen yang kuat, untuk menjalankan prinsip tata keloa dan memajukan industri tata kelola sepakbola,” lanjut Imam Nahrawi.

“Reformasi tata kelola sepakbola juga tidak berhenti sampai gelaran ISC yang akan terus dimonitoring dan dievaluasi. Karena bilamana ISC ini tidak sesuai dengan regulasi yang mereka ajukan, tidak sesuai dengan komitmen transparasi yang mereka ajukan, bisa jadi pemerintah sewaktu-waktu akan mencabut rekomendasi itu,” tukasnya.

“Karena menurut kami masih banyak hal yang perlu dibenahi dalam mereformasi tata kelola sepakbola,” tegasnya.

ISC sendiri telah melakukan reformasi tata kelolas sepakbola dengan melaporkan transparasi sumber-sumber pendapatan sponsor ISC yang sudah dilaporkan kepada pihaknya (Kemenpora). Seperti Torabika sebesar Rp 120 miliar, Indosat sebesar Rp 50 miliar, Bank BTN sebesar Rp 25 miliar, Sindo Muncul Rp 20 miliar, dan sisanya dari sponsor yang lain.

“Makanya, kalau ada yang bilang sepakbola berhenti, mati, itu sesuatu yang perlu kita hapus, karena kita lihat semangat masyarakat dari turnamen-turnamen sebelumnya yang kita laksanakan kemarin,” ujarnya.

kinoy jackson