Pemerintah Ajak Pemuda Berperan Aktif Perangi Global Warming

Senin, 25 April 2016

DEKANDIDAT.COM – Pemerintah meminta pemuda di Tanah Air ikut berperan dalam mengurangi terjadinya global warming. Apalagi, selama ini Indonesia dinyatakan sebagai salah satu negara yang ikut menyumbang terjadinya pemanasan global di dunia.

“Indonesia termasuk dalam 10 besar negara yang berperan dalam terjadinya global warming, ini tentunya bukan prestasi yang membanggakan,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Politik Kemenpora, Yuni Poerwanti pada acara seminar Youth for Climate Change di Denpasar, Bali, pekan lalu.

Menurutnya, peran pemuda Indonesia sangat dibutuhkan dalam mengurangi penyebab terjadinya global warming, dan hal itu dapat dimulai dari lingkungan pemuda itu sendiri mulai dari cerdas dan hemat menggunakan kertas, pengaturan suhu AC ruangan dan pemilahan jenis sampah.

“Selain itu juga mematikan lampu yang tidak perlu, sampai pada pengurangan penggunaan kantong plastik atau memilih plastik yang ramah lingkungan,” lanjut perempuan berjilbab ini.

Seminar Youth for Climate Change diselenggarakan oleh The Climate Reality Project Indonesia, Utusan Khusus Presiden RI untuk Pengendalian Perubahan Iklim bekerja sama dengan Kemenpora.

Amanda Katili Niode, manager The Climate Reality Project Indonesia sekaligus Ketua Tim Ahli Utusan Khusus Presiden untuk Pengendalian Perubahan Iklim, menyampaikan rasa senang dan bangga dapat bertemu dan berinteraksi langsung dengan pemuda-pemuda potensial yang peduli, cinta dan peka terhadap perubahan lingkungan dari Bali bersama Kemenpora.

Selain kegiatan seminar, peserta Youth for Climate Change diberikan pengalaman langsung menaman mangrove di Kawasan Benoa yang difasilitasi oleh Forum Mangrove Bali. Kegiatan ini merupakan titik permulaan aksi peserta Youth for Climate Change sebagai agen pejuang perubahan iklim.

kinoy jackson