2016, Kemenpora Gelontorkan Dana Rp23 Miliar Untuk Pemberantasan Narkoba

Kamis, 7 April 2016

DEKANDIDAT.COM – Sebagai wujud kepeduliannya melakukan pemberantasan narkoba di Tanah Air, Kemenpora menggelontorkan anggaran Rp23 miliar untuk tahun anggaran 2016.

“Kemenpora menganggarkan dana Rp23 miliar untuk pemberantasan narkoba di Tanah Air. Untuk saat ini, anggaran tersebut difokuskan untuk tiga provinsi, takni Jabar, Jateng, dan Jatim,” tandas Sesmen Kemenpora, Alfitra Salamm usai melakukan MoU dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk Program Pembentukan Kader Pemuda Revolusi Mental Anti Narkoba, Kamis (7/4) pagi, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Alfitra menjelaskan, Program Pemuda Anti Narkoba ini menargetkan mampu mencetak 39.000 Kader Anti Narkoba yang berasal dari 1.500 desa di seluruh Indonesia.

“Tugas khusus 1.500 kader Inti Pemuda Anti Narkoba Kemenpora antara lain, melaksanakan pola pendidikan sebaya dengan metode penyuluhan/sosialisasi/advokasi penurunan minat pemuda terhadap bahaya narkoba kepada 25 pemuda di masing-masing desa asal. Mereka juga ditugaskan memetakan titik-titik rawan daerah narkoba di wilyahnya untuk kemudian disampaikan kepada Kemenpora dan BNN,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Irjen Polisi Drs Bachtiar Hasanudin Tambunan, menyayangkan banyaknya MoU soal pemberantasan narkoba yang telah dilakukan, namun pada akhirnya tidak berjalan maksimal.

“Banyak MoU yang tindak lanjutnya tak ada. Hanya muncul di media, salam-salaman, dll, tapi akhirnya sleeping,” kata Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Irjen Polisi Drs Bachtiar Hasanudin Tambunan.

Dia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi narkoba.

“Jadi jangan hanya Polri dan BNN saja yang menanggulangi narkoba. Tapi seluruh lapisan masyarakat harus turut serta menanggulangi narkoba.”

BNN berharap dengan 1.500 Satgas Anti Narkoba bentukkan Kemenpora, akan memberikan hasil maksimal ke depan.

Dia bercerita, ketika masih berdinas sebagai polisi di Kalimantan, buruh-buruh tambang di wilayah tersebut sudah mengkonsumsi narkkoba, tanpa mereka sadari.

Bachtiar berharap, kementerian lain ikut bersinergi melakukan pemberantasan narkoba.

“BNN berterima kasih kepada Kemenpora yang sangat peduli pada upaya pemberantasan narkoba.”

Hiangga saat ini, lanjutnya, sudah lebih dari 10 kementerian yang peduli pada penaggulangan dan pemberantasan narkoba. Kementerian tersebut antara lain, Kemenpora, Kemenkum HAM, dan Kementerian PMK.

kinoy jackson