Menpora Akui Dana Untuk OKP Masih Sangat Minim

Kamis, 10 Maret 2016

DEKANDIDAT.COM – Menpora Imam Nahrawi meminta seluruh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Tanah Air tidak iri terkait ketimpangan pendanaan yang diberikan Kemenpora terhadap Dunia Keolahragaan dan Kepemudaan.

“Harus diakui, hingga kini pendanaan yang diberikan Kemenpora terhadap keolahragaan lebih besar dibandingkan kepada kepemudaan. Namun pada prinsipnya, kami ingin memberikan dana yang sama besar terhadap keolahragaan dan kepemudaan,” kata Menpora Imam Nahrawi di acara ‘Curah Pendapat Program Kepemudaan’ Pimpinan Organisasi Kepemudaan Tingkat Nasional (Pemangku Kepentingan Pembangunan Kepemudaan), Kamis (10/3) petang, di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Dijelaskan, kalau saat ini anggaran yang diberikan Kemenpora jauh lebih besar, itu dikarenakan Indonesia dalam waktu dekat akan menjadi tuan rumah Tafisa 2017 dan Asian Games 2018 dan Asian Paragames.

“Jadi sangat wajar kalau dana yang kita alokasikan untuk keolahragaan jauh lebih besar dibandingkan untuk kepemudaan. Namun ke depan, Kemenpora akan berupaya semaksimal mungkin memberikan bantuan dana operasional kepada OKP yang ada di Tanah Air,” ujarnya yang langsung disambut tepuk tangah riuh dari ratusan pemuda dari puluhan OKP yang hadir petang itu.

Paling tidak, kata Menpora, dengan bantuan dana operasional tersebut, pengeluaran OKP bisa lebih ringan.

“Dengan dana itu, mereka bisa bayar listrik, telpon, atau biaya rutinitas lainnya. Beban sehari-hari mereka bisa berkurang,” imbuhnya.

Politisi PKB ini juga salut kepada sejumlah OKP di Tanah Air yang tetap eksis, meskipun tak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Saat ini Kemenpora mendapat alokasi dana dari pemerintah Rp400 miliar. Dengan dana sebesar itu, Kemenpora akan berusaha secara maksimal untuk memanfaatkannya.”

Terkait soal konflik yang masih melanda Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Menpora mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusab dari Kemenkum HAM.

Khusus soal penyerapan anggaran, Imam Nahrawi berharap di 2016 ini, bukan besarnya penyerapan yang diutamakan.

“Kami ingin di 2016 ini tidak hanya penyerapan anggarannya yang bagus. Namun yang lebih penting adalah program tersebut dilaksanakan secara maksimal sehingga dapat memberikan efek positif kepada masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, politisi PKB ini menyebutkan 13 Program Unggulan Kemenpora, di antaranya Pemuda Anti Narkoba, Pemuda Relawan, Kota Layak Pemuda, Pemuda Tani, Pemuda Matirim, Pemuda Pelopor, Pemuda Kreatif, Sarjana Peggerak Desa, Pemimpin Muda, Wirausaha Muda, Pusat Pelatihan Pemuda, Pemuda Cinta Damai Lintas Agama, Bank Music.

kinoy jackson