1 Jam, Kemenpora Kumpulkan Dana Rp262 Juta Untuk Rio Haryanto

Senin, 7 Maret 2016

DEKANDIDAT.COM – Menpora Iman Nahrawi secara tegas mengatakan bahwa kementerian yang dipimpinnya (Kemenpora), sama sekali tak melakukan pemotongan gaji terhadap ratusan karyawannya terkait penggalangan dana untuk Rio Haryanto yang tahun ini akan berlaga di ajang balap Formula 1 (F1).

“Orang di luar sana menganggap Menpora memotong gaji karyawannya karena ingin membantu Rio. Mereka salah terka. Kemenpora mengajak karyawannya untuk membantu Rio seikhlasnya. Sama sekali tak ada paksaan,” tegas Menpora, Senin (7/3) pagi, di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta, saat acara penggalangan dana untuk Rio Haryanto.

Ditambahkan, Dia juga tahu kalau gaji karyawan Kemenpora sedikit. Karenanya politisi PKB ini tak akan memotong gaji anak buahnya.

“Saya tahu gaji karyawan Kemenpora sedikit. Karenanya kami tak mungkin memotong gaji mereka 50 persen, 30 persen, atau 20 persen. Kami hanya mengajak mereka untuk ikhlas mermbantu Rio,” ujarnya.

Imam juga meminta karyawan Kemenpora yang keberatan membantu dana untuk Rio, mengangkat tangannya. Hasilnya, tak ada satu pun yang mengangkat tangannya.

Selain melakukan penggalangan dana secara langsung, Kemenpora juga mempersilakan kepada karyawannya untuk membantu RIo Haryanto melalui rekening Bank Mandiri.

Yang menggmebirakan, penggalangan dana yang dilakukan sekitar 1 jam di Kemenpora, terkumpul sekitar Rp262 juta. Di antaranya Rp20 juta dari Menpora Imam Nahrawi, Sesmenpora Alfitra Salamm (Rp11 juta), Jebir Kemenpora Gatot Dewo Broto (Rp10 juta), dll.

Sebelumnya Ibu Kandung Rio Haryanto, Indah Pennywati, sangat bersyukur dengan penggalangan dana yang dilakukan karyawan Kemenpora.

“Kami sangat berterima kasih kepada karyawan Kemenpora yang telah ikhlas dan sukarela melakukan penghggalangan dana untuk Rio. Sebenarnya kami berharap bantuan dana untuk Rio berasal dari perusahaan-perusahaan yang ada di BUMN,” kata Indah Pennywati.

kinoy jackson