Demi Kualitas, Kemenpora Tolak Anggota Paskibraka Titipan

Kamis, 3 Maret 2016

DEKANDIDAT.COM – Demi menjaga kualitas, Kemenpora tak akan menerima pelajar titipan untuk diikutsertakan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka). Hal demikian dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Sakhyan Asmara, Kamis (2/3) siang, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Saat ini tak ada lagi anggota Paskibraka yang lolos karena titipin. Sekali saja mereka membuat kesalahan saat pelatihan, mereka dipastikan gagal sebagai anggota Paskibraka,” tegas Sakhyan Asmara.

Dijabarkan, sejak Paskibraka ditangani Kemenpora, sekitar dua tahun lalu, proses perekrutan dilakukan secara ketat.

“Tekad kami, mantan anggota Paskibraka mampu menunjukkan kualitasnya.”

Sepengetahuannya, hampir seluruh mantan anggota Pakibraka meraih kesuksesan.

“Sepertinya hampir 100 persen mantan Paskibraka sukses semua. Biasanya, begitu mereka selesai bertugas mengibarkan bendera pusaka, banyak yang menginginkan mereka bekerja atau bergabung di perusahaan tertentu,” imbuhnya.

Bahkan, lanjutnya, Panglima TNI dan Kapolri memberi kemudahan kepada mantan Paskibraka yang ingin melanjutkan kuliahnya di akademi militer atau akademi kepolisian.

Dijelaskannya, Paskibraka merupakan salah satu program unggulan yang ada di Deputi Pengembangan Pemuda.

“Untuk menggembleng Tim Paskibraka, dari keberangkatan hingga mereka kembali ke daerahnya masing-masing, dana yang kami siapkan sekitar Rp11 miliar,” tukasnya.

kinoy jackson