Menpora Gelar Lomba Kelereng AntarWartawan Jakarta Berhadiah Rp42 Juta

Rabu, 24 Februari 2016

DEKANDIDAT.COM – Peduli terhadap kesehatan para wartawan yang kesehariannya meliput di Jakarta, Menpora Imam Nahrawi menggelar  Journalis 2016 berhadiah total Rp42 juta, 26-27 Februari, di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Lomba yang digelar antara lain, futsal, bulutangkis, lari kelereng, lari karung, dll.

“Wartawan ini sebetulnya terlalu fokus untuk membuat berita, sehingga akhirnya lupa untuk berolahraga. Dengan kegiatan ini saya harap jurnalis bisa membumikan semangat ‘Ayo Olahraga’. Jika jurnalis sehat tentunya pilar demokrasi akan semakin kokoh,” kata Imam Nahrawi, Rabu (24/2) siang, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Bukan sekedar isapan jempol, jika profesi sebagai wartawan cenderung berisiko lebih besar terhadap hilangnya nyawa seseorang. Karena membutuhkan konsentrasi besar ketika membuat atau mengejar suatu berita, sebuah data survei di Inggris pun membeberkan kebanyakan wartawan meninggal pada usia muda, lanjutnya.

Ada pun olahraga yang dipertandingkan adalah futsal, bulu tangkis tenis meja, tarik tambang, dan traditional race.

“Saya sendiri akan ikut serta di laga eksibisi saja. Misalnya, bulu tangkis, tenis meja, atau makan krupuk. Ini saya lakukan untuk menyemangati Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dan Tafisa World Sport 2016,” ujar politisi PKB yang akrab disapa Cak Imam tersebut.

“Ibarat SIWO PWI punya Porwarnas, kita saat ini ada Journalist Games, para peserta adalah para rekan jurnalis yang biasa liputan di Ibu Kota, kita berharap kegiatan ini menjadi dukungan dan support dari teman-teman dalam memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari lalu,” lanjutnya.

Menpora merasa bangga dan senang atas terselenggaranya kegiatan ini yang merupakan kado istimewa Kemenpora kepada dunia pers.

“Terimakasih kepada rekan-rekan, Journalis Games 2016 merupakan prakarsa yang harus diagendakan setiap tahun, senada dengan kegiatan ini sebagai kampeye bahwa Indonesia juga sebentar lagi akan menggelar TAFISA 2016, Asian Games 2018 dan kejuaraan lain, ini merupakan cikal bakal bagi lahirnya insan pers yang tidak hanya sehat intelektual tetapi secara fisik juga,” kata Menpora.

Salah satu cabang olahraga yakni traditional race menjadi cabang yang paling bergengsi karena terdiri dari lari bakiak, lari kelereng dan lari dalam karung.

“Semakin banyak perlombaan tradisional yang ditampilkan ke permukaan potensi olahraga tradisional Indonesia mendunia semakin terbuka lebar, jangan hanya kita sering menyaksikan olahraga tradisional negara lain namun abai dengan olahraga tradisional negeri sendiri,” ujar Menpora.

Beberapa peserta yang akan ikut meramaikan diantaranya SIWO PWI Jaya, Forum Wartawan Perbankan, Forum Wartawan Mabes Polri, Forum Wartawan Istana Negara, Forum Wartawan DPR RI dan lain sebagainya. Beberapa hadiah yang telah disiapkan adalah untuk Juara I Uang Pembinaan Rp 7 juta + Piala, Juara II Uang Pembinaan Rp 5 juta + Piala , Juara III bersama masing-masing Rp 1,5 juta + Piala dan Best Player dan Top Scorer berupa hadiah hiburan

kinoy jackson